PENGARUH PEMBERIAN STIMULUS KUTANEUS slow stroke back massage (SSBM) TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI REMATIK PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TAHUN 2018

  • Tri Mawarni Akper Kesda VI/Tanjungpura Banjarmasin
  • despiyadi despiyadi Akper Kesda VI/Tanjungpura Banjarmasin

Abstract

Terdapat tiga keluhan utama pada reumatik yaitu salah satunya adalah rasa nyeri, Saat dilakukan wawancara pada 12 lansia yang mengalami reumatik mereka sering mengalami kaki dan pinggang pegal-pegal, nyeri sendi dan otot, saat sehabis melakukan aktivitas berat atau saat pagi habis bangun tidur. Penelitian untuk mengetahui adakah Pemberian Stimulus Kutaneus Slow Stroke Back Massage (SSBM) Terhadap Pengaruh Penurunan  Intensitas Nyeri Rematik Pada Lansia. Dengan metode penelitian pre eksperimental Design dengan bentuk penelitian yaitu pretest-posttest design. Teknik sampling  nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian didapat p= 0,005 (p < α = 0,05), sehingga secara statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam Pemberian Stimulus Kutaneus Slow Stroke Back Massage (SSBM) Terhadap Penurunan  Intensitas Nyeri Rematik Pada Lansia. Sehingga dapat disarankan pada lansia untuk bisa menggunakan teknik SSMB ini sebagai salah satu intervensi keperawatan dalam mengatasi permasalahan nyeri secara nonfarmakologi.

Published
2018-11-24
How to Cite
MAWARNI, Tri; DESPIYADI, despiyadi. PENGARUH PEMBERIAN STIMULUS KUTANEUS slow stroke back massage (SSBM) TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI REMATIK PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TAHUN 2018. CNJ: Caring Nursing Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 60-65, nov. 2018. ISSN 2580-0078. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/caring-nursing/article/view/222>. Date accessed: 19 jan. 2019.
Section
Articles