ANALISIS PERKUATAN TANAH TIMBUNAN PADA PELEBARAN JALAN DI RUAS JALAN VETERAN (SIMPANG EMPAT GATOT SUBROTO – SIMPANG TIGA KURIPAN)

  • Dyah Pradhitya Hardiani University of Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah Kotamadya Banjarmasin untuk mengatasi kemacetan adalah dengan melakukan pelebaran  jalan. Pelebaran jalan yang sudah dilakukan oleh pemerintah adalah pelebaran pada Jalan Gatot Subroto sampai Jalan Kuripan Banjarmasin.Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data sekunder dan data primer. Data sekunder yang diambil dalam penelitian ini adalah data penyelidikan tanah dasar pada Proyek Pembangunan Kampus Kedokteran Umum dan Gigi Universitas Lambung Mangkurat, sedangkan data primer diambil dari pengujian tanah timbunan di Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. Sedangkan perhitungan yang digunakan adalah perhitungan Meyerhoft dan Terzaghi. Dari analisis yang didapatkan tinggi tanah timbunan melebihi dari nilai tinggi timbunan kritis yaitu 0,63 meter, maka diperlukan perkuatan cerucuk galam agar timbunan tidak mengalami kelongsoran. Diperlukan cerucuk galam sebanyak 20 buah per meter persegi dengan ukuran panjang galam 4 meter dan tebal 10 cm. Daya dukung timbunan setelah diberi perkuatan cerucuk galam mengalami peningkatan dari 6,279 t/m2 menjadi 231,6054 t/m2.

References

Sunggono, V. 1995. Buku Teknik Sipil. Nova. Bandung
Sunggono, V. 1984. Mekanika Tanah. Nova. Bandung
Departemen Pekerjaan Umum, 2015, Spesifikasi Umum 2015, Revisi ke-3. Direktorat Jendral Bina Marga.
Hardiyatmo, H. C. 2002, Mekanika Tanah 2, Gajah Mada University Press, Edisi-2. Yogyakarta
Published
2018-12-10
How to Cite
HARDIANI, Dyah Pradhitya. ANALISIS PERKUATAN TANAH TIMBUNAN PADA PELEBARAN JALAN DI RUAS JALAN VETERAN (SIMPANG EMPAT GATOT SUBROTO – SIMPANG TIGA KURIPAN). Density (Development Engineering of University) Journal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-7, dec. 2018. ISSN 2655-4453. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/density/article/view/224>. Date accessed: 19 jan. 2019.
Section
Articles