PERANCANGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN BANJARMASIN – BATAS KALTENG

  • Irwandy Muzaidi University of Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Seiring berkembangnya bobot maupun volume kendaraan yang menghubungkan kota-kota di Kalimantan Selatan khususnya ruas jalan trans kalimantan kota Banjarmasin – batas Kalimantan Tengah.Tingginya tingkat kebutuhan hidup masyarakat, secara otomatis meningkatkan pertumbuhan lalu lintas pada jalan antar kota tersebut yang berakibat rusaknya ruas jalan tersebut. Penelitian  ini bertujuan untuk merencanakan tebal perkerasan. Perencanaan tebal perkerasan dilakukan pada ruas Jalan Banjarmasin hingga Batas Kalimantan Tengah, struktur perkerasan jalan yang digunakan adalah struktur perkerasan lentur (Flexible Pavement). Hasil perhitungan didapatkan untuk perkerasan baru meliputi Lapisan Surface AC-WC 7,5cm, Lapisan Base 15 cm dan Lapisan Sub Base 20 cm untuk nilai CBR 23%.

References

Bahrani. 2010. Tugas Akhir Desain Tebal Perkerasan Tambahan (Overlay) pada Jalan Trans Kalimantan Kota Banjarmasin (km 13 – km 25+8) – Batas Kalimantan Tengah. UNLAM. Banjarbaru.

Bowles, J, E. 1991. Analisa dan Desain Pondasi. Jilid II. Erlangga Jakarta

Das, B, M., 1988. Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis), Jilid I, Erlangga. Jakarta

Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Penggunaan Tebal Perkerasan Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen SNI No. 2.3.26-1987 UDC 625.73. Jakarta

Hardiyatmo, H. C. 2002, Mekanika Tanah 2, Gadjah Mada University Press, Edisi-3, Yogyakarta.

Haryadi, M. 2011. Tugas Akhir Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dan Peningkatan Daya Dukung Tanah Dasar Akibat Pemakaian Cerucuk Galam pada Pelebaran Ruas Jalan SP Handil Bakti (SP Serapat) Marabahan/ DS Banua Anyar. UNLAM. Banjarbaru.

Hendarsin, S. L. 2000. Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya. Politeknik Negeri Bandung. Bandung.


Saodang, H. 2004. Konstruksi Jalan Raya. Buku 1 Geometrik Jalan. NOVA. Bandung.

Sukirman, S. 2010. Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur. Nova. Bandung.
Published
2018-12-10
How to Cite
MUZAIDI, Irwandy. PERANCANGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN BANJARMASIN – BATAS KALTENG. Density (Development Engineering of University) Journal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 19-25, dec. 2018. ISSN 2655-4453. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/density/article/view/227>. Date accessed: 19 jan. 2019.
Section
Articles