Romantisme dalam Kumpulan Puisi Senyawa Karya Andrei Aksana

  • Istiqamah Istiqamah University of Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Romantisme diartikan sebagai haluan kesusastraan akhir abad ke-18 yang mengutamakan perasaan, pikiran, dan tindakan spontanitas (KBBI dalam Sehandi, 2016: 150). Istilah romantik dalam sastra mengacu pada gerakan pemikiran dan penulisan karya sastra di seluruh Eropa dan Amerika yang menunjukkan karakteristik tersendiri, yang menganggap imajinasi lebih penting daripada aturan formal dan fakta (Sehandi, 2016:150). Dari pernyataan tersebut, maka diambil suatu pemikiran bahwa ada perbedaan dalam sudut pandang fakta dengan sudut pandang imajinasi. Puisi hadir sebagai penetral antar sudut pandang fakta dengan sudut pandang imajinasi. Puisi dapat memberikan pernyataan yang mungkin tidak dapat dijelaskan dalam sudut pandang fakta. Akan tetapi, keduanya dapat bersinergi dari apa-apa yang mungkin tidak bisa dijelaskan melalui fakta dapat dijelaskan melalui imajinasi, begitu pula sebaliknya.


            Kumpulan puisi Senyawa karya Andrei Aksana ini hadir dengan  antara sudut pandang fakta dengan sudut pandang imajinasi. Hal ini terlihat dari pemilihan judul Senyawa yang di catatan kecilnya ia menyebutkan bahwa cinta tidak bisa dipisakan dari substansi kimia. Hal ini menunjukkan bahwa Andrei mencoba menyinergikan dan membuat kesenjangan sudut pandang imajinasi dengan sudut pandang fakta. Kemudian dari hal ini akhirnya ia bisa menjadikan romantisme kata senyawa yang bisa diartikan fakta ataupun imajinasi, yang kemudian bersinergi dengan kata cinta dengan berbagai definisi yang kemudian dituangkannya dalam kumpulan puisi.

References

Aksana, Andrei. 2015. Senyawa Karenamu Aku Menjadi Puisi. Jakarta: PT Gramedia.
Hermawan, Sainul. 2006. Teori Sastra dari Marxis sampai Rasis Sebuah Buku Ajar. Banjarmasin: PBS FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sehandi, Yohanes. 2016. Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Zulfahnur, dkk. 2014. Teori Sastra. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Published
2019-01-04
How to Cite
ISTIQAMAH, Istiqamah. Romantisme dalam Kumpulan Puisi Senyawa Karya Andrei Aksana. Dialektik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 34-38, jan. 2019. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/dialektik/article/view/217>. Date accessed: 19 jan. 2019.
Section
Articles