FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN KUNJUNGAN POS PEMBINAAN TERPADU PENYAKIT TIDAK MENULAR DI DESA

  • ivong Rusdiyanti Politeknik Unggulan Klaimantan

Abstract

Masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi saat ini adalah makin meningkatnya kasus Penyakit Tidak Menular. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah membuat program. Pos Pembinaa Terpadu penyakit tidak menular untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu pelayanan kesehatan. Pos pembinaa terpadu penyakit tidak menular merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam upaya pengendalian faktor  risiko secara mandiri dan berkesinambungan, sehingga pencegahan faktor risiko penyakit tidak menular dapat dilakukan sejak dini dan kejadian penyakit tidak menular di masyarakat dapat diminimalkan.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan kunjungan ke pos pembinaa terpadu penyakit tidak menular Di Desa Bulupitu. Desain penelitian menggunakan studi deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh sasaran pembinaa terpadu penyakit tidak menular sejumlah 3426 orang. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik sampling random atau acak sebanyak 97 orang. Data primer menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan pendekatan statistik deskriptif dan non-parametrik. Salah satu uji statistik non-parametrik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Chi-Kuadrat.


Hasil analisa data menunjukkan bahwa faktor jenis kelamin, pengetahuan,  pekerjaan, penghasilan, jarak, dan peran kader mempunyai korelasi dengan keaktifan kunjungan pembinaa terpadu penyakit tidak menular setiap bulan, sedangkan Pendidikan, dukungan keluarga seseorang tidak mempunyai korelasi dengan keaktifan kunjungan pembinaa terpadu penyakit tidak menular.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-27
How to Cite
RUSDIYANTI, ivong. FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN KUNJUNGAN POS PEMBINAAN TERPADU PENYAKIT TIDAK MENULAR DI DESA. Healthy-Mu Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 51-58, feb. 2018. ISSN 2597-3851. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/healthy/article/view/120>. Date accessed: 27 may 2018.
Section
Articles