HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUNGAN TERHADAP KEPATUHAN PERAWAT MEMAKAI APD SESUAI PROSEDUR PADA PEMERIKSAAN TTV DI RUANG IGD RUMAH SAKIT

  • Dewi Nurhanifah

Abstract

Gaya kepemimpinan didefinisikan suatu pola perilaku yang ditampilkan sebagai pemimpin ketika mencoba mempengaruhi orang lain. Kepatuhan perawat adalah perilaku perawat sebagai seorang yang professional terhadap suatu anjuran, prosedur atau peraturan yang harus dilakukan atau di taati. Adapun praktik memakai APD sesuai prosedur untuk mengendalikan infeksi dalam lingkungan perawatan akan selalu menjadi prioritas bagi para petugas kesehatan. Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Terhadap Kepatuhan Perawat Memakai APD Sesuai Prosedur Pada Pemeriksaan TTV di Ruang IGD Rumah SakitKorelasi dengan rancangan cross sectional. Populasi berjumlah 31 orang perawat IGD Rumah Sakit. Teknik sampling yang digunakan adalah Total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Data di analisis dengan univariat, bivariat dengan uji chi square dengan tingkat kemaknaan α= 0,05. Gaya kepemimpinan kepala ruangan IGD menerapkan yang demokratis, sedangkan kepatuhan perawat memakai APD Sesuai Prosedur Pada Pemeriksaan TTV yaitu patuh 68%. Hasil analisis uji Chi-Square p=0,029 <0,05 yang artinya Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-27
How to Cite
NURHANIFAH, Dewi. HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUNGAN TERHADAP KEPATUHAN PERAWAT MEMAKAI APD SESUAI PROSEDUR PADA PEMERIKSAAN TTV DI RUANG IGD RUMAH SAKIT. Healthy-Mu Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 59-63, feb. 2018. ISSN 2597-3851. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/healthy/article/view/130>. Date accessed: 27 may 2018.
Section
Articles