KODE SIMBOLIK WACANA IKLAN ROKOK DI TELEVISI

  • Muhammad Yunus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Muhammad Ridha Anwari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Kode Simbolik Wacana Iklan Rokok di Televisi. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan kode simbolik wacana iklan rokok di televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kode simbolik dalam wacana iklan rokok televisi.


                  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam hal ini data dideskripsikan kemudian dianalisis sesuai dengan teknik yang digunakan melalui beberapa tahapan, antara lain (1) menentukan objek penelitian, (2) mengumpulkan data, (3) mengolah dan menganalisis data.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan berupa kode simbolik lebih didominasi oleh kode-kode berbentuk visualisasi dari ketenaran tokoh iklan dan variasi tulisan,  latar periklanan, dan corak warna pengiklanan. Pengkodean melalui simbolisasi ini mempunyai makna yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain, baik itu emosinya, perasaannya, maupun tingkah lakunya agar mengikuti dan membeli barang-barang yang diiklankan.

References

Daftar Rujukan
Arifin, Bustanul, Abdul Rani. 2000.
Prinsip-prinsip Analisis
Wacana. Jakarta: Depdiknas.
Baudrillard, Jean P. 2004.
Masyarakat Konsumsi.
diterjemahkan oleh Wahyunto.
Yogayakarta: Kreasi Wacana.
Culler, Jonathan. 2002. Barthes, Seri
Pengantar Singkat
(terjemahan Ruslani).
Yogyakarta: Jendela.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Medpress.
Eriyanto, 2012. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS
Feathersone, 1992. Consumer
Culture and Posmodernism.
London : Sage Publications
Ihza, Yustiman. 2013. Bujuk Rayu Konsumerisme (Menelaah Persuasi Iklan di Era Konsumsi). Depok: Depok Linea.
Karen. 2012. Representasi
Konsumerisme dalam film
Confessions of A Shopaholic
(kajian Semiotik)”
Kurniawan. 2001. Semiologi Roland
Barthes. Magelang:
Indonesiatera.
Mulyana. 2005. Kajian Wacana
(Teori, Metode, dan Aplikasi
Prinsip-prinsip analisis Wacana)
Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nurgiyantoro, Burhan. 1993. Teori
Semiotik dalam Kajian
Kesastraan. Yogyakarta: IKIP
Yogyakarta
(tidak dipublikasikan).
Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Santoso, Anang. 2012. Studi Bahasa
Kritis : menguak bahasa
membongkar kuasa. Bandung:
Cv Mandar maju.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku
Konsumen: Konsep dan
Implikasi untuk Strategi
dan Penelitian Pemasaran.
Jakarta: Prenada Media.
Stearns, Peter N. 2003.
Consumerism in World History:
The Global Transformation
of Desire. New York. Routledge
Strauss, Anselm, Juliet Corbin.
2003. Dasar-Dasar Penelitian
Kualitatif: Tatalangkah Teknik-
teknik Teoritisasi Data.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudaryanto. 2001. Metode
dan Aneka Teknik Analisis
Bahasa. Jogyakarta: Duta
Wacana University Press.
Published
2019-08-19
How to Cite
YUNUS, Muhammad; ANWARI, Muhammad Ridha. KODE SIMBOLIK WACANA IKLAN ROKOK DI TELEVISI. Idealektik, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 70-74, aug. 2019. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/366>. Date accessed: 14 dec. 2019.
Section
Articles