GAYA RETORIKA BAGIAN HASIL DAN PEMBAHASAN ARTIKEL JURNAL HASIL PENELITIAN MAHASISWA PENDIDIKAAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP MUHAMMADIYAH MANOKWARI TAHUN 2018

  • Juni Syaputra STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Revisika Revisika STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Retorika dalam sebuah hasil penelitian menrupan sesuuatu yang penting dan harus ada dalam dalam suatu hasil dan pembahasan terutama yang berupa artikel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya retorika bagian hasil dan pembahasan artikel jurnal hasil penelitian mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis teks berbesis genre atau analisis teks. Dari beberapa bagian hasil dan pembahasan pada artikel mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dari setiap artikel tersebut dianalisis tentang 8 tahapan pada bagian hasil dan pembahasan yang meliputi tahapan ke-1 backghound information, T-2 statment of results,T-3 expected outcom, T-4 referece to previous research, T-5 explanation exemplification, T- 6 deducation, T-7 hypothesis, dan T-8 recommendation.Hasil penelitian yang ditemukan dalam artikel jurnal hasil penelitian mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia tahun 2018 belum mengetahui dengan baik 8 tahapan yang dikemukan oleh Swales hal tersebut terbukti dari hasil penelitian terhadap artikel yang ditulis mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia tahun 2018 hanya menerapkan tahapan ke-1, backghound information, T-2 statment of results, T-4 referece to previous research, , T-5 explanation exemplification, T-7 hypothesis dan T-8 recommendation. Dari ke 6 tahapan yang ditemukan yang dominian digunakan mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia tahun 2018 hanya tahapan ke ke-1, backghound information, T-2 statment of results, T-4 referece to previous research , T-5 explanation exemplification.Dalam sebuah hasil penelitian diharapkan memperhatikan 8 tahapan yang dimaksud Swales dan yang lebih penting memperhatikan tahapan yang diungkapkan Dudley-Evans yaitu tahapan yang berisi mengubungkan antara hasil penelitian terdahulu yang relevan sebelumya untuk menemukan Gap penelitian selanjutnya.


Kata kunci: Gaya Retorika, bagian Hasil dan Pembahasan, Artikel

References

Afiyanti, Yati dkk. (2015). Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Bidang Keperawatan dan Kesehatan Persiapan Hingga Publikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. ‘
Arifin, Bustanul dan Abdul, Rani. (2000). Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
Arsyad, Safnil. (2017). Gaya Retorika Bagian Pembahasan Artikel Jurnal Internasional. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIBB 2017.
Riyantika, Desi. Tt. Analisis Gaya Retorika Bagian Hasil dan Pembahasan Artikel Jurnal Gramatika Bidang Pengajaran Bahasa. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Safnil. (2010). Pengantar Analisis Retorika Teks. Bengkulu: Bengkulu FKIP UNIV Press.
Safnil. (2014). Menulis Artikel Jurnal Internasional dengan Gaya Retorika Bahasa Inggris. Bengkulu: Bengkulu FKIP UNIV
Santoso, Urip. (2014). Kiat Menulis Artikel Ilmiah: Graha Ilmu. Yogyakarta.
Saukah, Ali dan Mulyadi Guntur Waseso. (2006). Menulis Artikel Untuk Jurnal Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
Syaputra, Juni. (2018). “Analisis Tipe, Fungsi dan Fitur Linguistik Dalam Pengutipan Bagian Pendahuluan Artikel Jurnal Penelitian Berbahasa Indonesia Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.” Jurnal Bindo Sastra, 2 (1): 131-141.
Sobur, Alek. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: Rosda
Trianto, Agus, dkk. (2010). Jurnal Bisa. Bengkulu. FKIP Universitas Bengkulu.
Published
2019-08-19
How to Cite
SYAPUTRA, Juni; REVISIKA, Revisika. GAYA RETORIKA BAGIAN HASIL DAN PEMBAHASAN ARTIKEL JURNAL HASIL PENELITIAN MAHASISWA PENDIDIKAAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP MUHAMMADIYAH MANOKWARI TAHUN 2018. Idealektik, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 52-60, aug. 2019. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/367>. Date accessed: 11 dec. 2019.
Section
Articles