MAKNA SIMBOL DALAM NOVEL 9 SUMMERS 10 AUTUMNS KARYA IWAN SETYAWAN

  • Mia Aldina Maulana Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Abstrak


Novel merupakan karya sastra berbentuk prosa fiksi yang isinya men-ceritakan beragam bentuk kejadian dalam kehidupan manusia. Gambaran realita kehidupan melalui cerita yang terkandung dalam novel disampaikan melalui bahasa yang merupakan simbol dan memiliki makna, baik makna tersirat maupun makna tersurat. Makna merupakan arti yang dimiliki oleh tanda dan memiliki tujuan tertentu, sedangkan simbol merupakan segala tanda yang ada dalam kehidupan dan memiliki makna.


Masalah yang diteliti dalam penelitian ini berkaitan dengan makna simbol dalam sebuah teks karya sastra. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan makna simbol yang terkandung dalam novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan, baik yang tersirat maupun yang tersurat. Penelitian terhadap novel tersebut menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis), penelitian dilakukan melalui empat tahap kegiatan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.


Dari hasil penelitian terhadap makna simbol dalam novel tersebut dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak simbol, yakni berupa kata, ungkapan, dan kalimat yang memiliki makna tersirat atau makna tersembunyi, meskipun memang yang mendominasi adalah simbol yang berupa ungkapan, serta terdapat lebih banyak makna tersirat. Dalam novel ini terdapat 21 makna simbol berupa kata, 134 makna simbol berupa ungkapan, dan 28 makna simbol berupa kalimat. Jadi, secara keseluruhan terdapat 183 makna simbol. Semua makna simbol tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain yang membentuk sebuah cerita yang bermakna.

References

Damono, Sapardi Djoko. 2009. Sastra Indonesia Tahun 1970-an (Kajian Tematis). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Damono, Sapardi Djoko. 2010. Simbolisme dan Imajisme dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Med Press.

Nursisto. 2000. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Nurhasanah. 2010. Nilai-nilai Kemanusiaan dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Proposal Tesis. (tidak dipublikasikan). Banjarmasin: PBSID-Program Pasca Sarjana Unlam Banjarmasin.

Parera, J. D. 2004. Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

Pateda, Mansoer. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Rani, Supratman Abdul dan Yani Maryani. 2004. Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadikin, Mustofa. 2011. Kumpulan Satra Indonesia Edisi Terlengkap. Jakarta Timur: Gudang Ilmu.

Setyawan, Iwan. 2011. 9 Summers 10 Autumns. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-08-19
How to Cite
MAULANA, Mia Aldina. MAKNA SIMBOL DALAM NOVEL 9 SUMMERS 10 AUTUMNS KARYA IWAN SETYAWAN. Idealektik, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 91-97, aug. 2019. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/369>. Date accessed: 14 dec. 2019.
Section
Articles