FENOMENA IMITASI BAHASA MELAYU PADA ANAK USIA DI BAWAH 5 TAHUN TERHADAP TAYANGAN KARTUN UPIN DAN IPIN

  • Istiqamah Istiqamah University of Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Di era digitalisasi dan globalisasi saat ini penggunaan media televisi dan media intermet menjadi hal yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan oleh kemudahan yang ditawarkan oleh media televisi dan internet, salah satunya akses yang cepat dan tidak terbatas pada waktu dan tempat tertentu. Hal ini tentu saja menjadi potensi dan juga tantangan pada zaman sekarang. Oleh karena itu, diharapkan orang tua dapat memberikan tayangan yang sesuai kepada anak-anak mereka. Tayangan kartun Upin dan Ipin salah satunya, melalui tayangan kartun ini anak-anak dapat belajar berbagai hal, baik pendidikan karakter (akhlak) maupun pendidikan tentang dunia Islam. Penelitian ini membahas tentang fenomena imitasi bahasa Melayu pada anak-anak usia di bawah 5 tahun terhadap tayangan kartun Upin dan Ipin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripstif, dengan pendekatan dan perspektif bahasa (etnografi komunikasi dengan pendekatan investigasi bahasa dan komunikasi). Teori yang digunakan yaitu teori sosiolinguistik dan pemerolehan bahasa, dimana pada tahap ini anak sudah bisa mengimitasi bahasa yang digunakan oleh orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan fenomena imitasi bahasa Melayu pada anak usia di bawah 5 tahun terhadap tayangan kartun Upin dan Ipin.


 

References

DAFTAR RUJUKAN
Anshori, Dadang S. 2017. Etnografi Komunikasi Perspektif Bahasa. Jakarta: Rajawali Press.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, Abdul Syukur dan Suparno. 2011. Sosiolinguistik. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Maliki, Zainuddin. 2008. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Padmadewi, Ini Nyoman, dkk. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Mulitikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumarsono. 2017. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Penerbit SABDA dan Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Werdiningsih, Nunuk dan Sinta Petri Lestari. 2017. Hubungan Tayangan Kartun Upin dan Ipin dengan Perilaku Imitasi Anak. jurnal.unpand.ac.id.
Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2013. Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Upin_%26_Ipin , 2018 (diakses tanggal 22 November 2018 pukul 10.00 WITA).
Published
2019-08-19
How to Cite
ISTIQAMAH, Istiqamah. FENOMENA IMITASI BAHASA MELAYU PADA ANAK USIA DI BAWAH 5 TAHUN TERHADAP TAYANGAN KARTUN UPIN DAN IPIN. Idealektik, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 61-69, aug. 2019. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/370>. Date accessed: 11 dec. 2019.
Section
Articles