TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PEKAUMAN BANJARMASIN

  • Erna Prihandiwati Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin
  • Muhammad Muhajir Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin
  • Riza Alfian Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin
  • Rina Feteriyani Puskesmas Pekauman Banjarmasin

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu unsur yang penting dalam pelayanan kefarmasian karena diperlukan dalam sebagian besar upaya kesehatan untuk menghilangkan gejala dari suatu penyakit, mencegah penyakit, serta dapat menyembuhkan penyakit. Standar Pelayanan Kefarmasian merupakan tolak ukur yang digunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Terpenuhinya standar dalam pelayanan kefarmasian diharapkan dapat memenuhi harapan dari pasien, yang biasa disebut dengan kepuasan pasien.


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Pekauman Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian consecutive sampling dengan jumlah sampel 372 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, responden peneltian ini merupakan pasien yang menerima pelayanan kefarmasian di Puskesmas Pekauman Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 25 April – 13 Mei 2016 dengan menggunakan kuesioner.


Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Pekauman Banjarmasin menujukkan secara keselurahan nilai rata – rata tingkat kepuasan pasien yaitu 68,03% yang berarti pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan

References

Anjaryani, W.D., 2009, Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSU Tugurejo Semarang, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang
Azwar, A.,1996, ‘Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, cit. Subekti, D., 2009, ‘Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas Di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2009’, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang
Isnaniah, M., 2015, ‘Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Sungai Bilu Banjarmasin’, Karya Tulis Ilmiah, Banjarmasin
Kementerian Kesehatan, 2014, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014, tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta
Machfoedz, I ., 2012 Metode Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif), Fitramaya, Yogyakarta
Notoatmodjo, S, 2005, Metode Penelitian Kesehatan. Cetakan 3. Jakarta : Rineka Cipta
Parasuraman, A. Zeithaml, V. Berry L,1991 ‘Kefinement and Reassesment of the SERVQUAL Scale, Journal of Retailing, cit. Subekti, D., 2009, ‘Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas Di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2009’, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang
Pohan, I., 2006, Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, EGC, Jakarta
Puti, W.C., 2013, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam’ , Skripsi, Universitas Widyatama, Bandung
Republik Indonesia, 2004, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, Sekretariat Negara , Jakarta
Subekti, D ,2009, ‘Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas Di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2009’, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang
Sulistyorini, E., 2009, ‘Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kedung Kandang Kota Malang’, Karya Tulis Ilmiah, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang’, Malang
Supranto, J., 2011, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta
Umar, H., 1996, Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen, Jakarta Business Research Center, Jakarta.
Wawan, A & M., 2010, Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia, Nuha Medika, Yogyakarta
Published
2018-03-31
How to Cite
PRIHANDIWATI, Erna et al. TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PEKAUMAN BANJARMASIN. JCPS (Journal of Current Pharmaceutical Sciences), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 63-68, mar. 2018. ISSN 2598-2095. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/jcps/article/view/132>. Date accessed: 27 may 2018.
Section
Articles