HUBUNGAN USIA MENARCHE DENGAN USIA MENOPAUSE DI POSYANDU LANSIA SEI. MIAI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA TAHUN 2017

  • SRI NORLINA Akbid Bunga Kalimatan

Abstract

ABSTRACT


Usia menopause dipengaruhi oleh banyak faktor, diduga salah satunya adalah usia menarche.  Terjadi perbedaan pendapat mengenai hubungan usia menarche dengan usia menopause. Beberapa penelitian menemukan bahwa ada hubungan antara usia menarche dengan usia menopause , namun beberapa penelitian  lain menemukan hal sebaliknya. Dari hasil studi pendahuluan terhadap 10 reponden,  didapat hasil  bahwa 1 responden (10 %) yang usia menarchenya < 10 tahun belum menopause, 8 responden (80 %) yang menarchenya usia 10 – 15 tahun  sudah menopause dan 1 responden (10 %) yang usia menarchenya > 15 tahun mengatakan belum menopause. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui hubungan usia menarche dengan usia menopause Di Posyandu Lansia Kelurahan Sei. Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Tahun 2017.


Penelitian ini bersifat analitik retrospektif, dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi yang diambil adalah seluruh lansia di wilayah kerja Puskesmas Kayu Tangi. Jumlah Populasi adalah 1158 orang, besar sampel 40 responden dengan menggunakan Porpusive Sampling.


Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji Chi Square  diperoleh  nilai 0,237 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Tidak ada hubungan yang bermakna antara usia menarche dengan usia menopause.


Dapat disarankan  untuk  dilakukan penyuluhan kesehatan tentang menopause, perlunya wilayah posyandu  lain mencontoh keaaktifan di Posyandu Lansia Sei. Miai dan perlunya diadakan  penelitian yang lebih lanjut dengan jumlah populasi yang leih besar dan variabel penelitian yang berbeda

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-15
How to Cite
NORLINA, SRI. HUBUNGAN USIA MENARCHE DENGAN USIA MENOPAUSE DI POSYANDU LANSIA SEI. MIAI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA TAHUN 2017. Journal of Midwifery and Reproduction, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 46-50, aug. 2018. ISSN 2598-0068. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/midwiferyandreproduction/article/view/156>. Date accessed: 19 oct. 2018.
Section
Articles