ASPEK PENGETAHUAN TERHADAP RENDAHNYA PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM PASCA BERSALIN DIBIDAN PRAKTIK MANDIRI NOOR ASIAH, Am.Keb

  • MARIYANA MARIYANA

Abstract

Program keluarga berencana ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak, keluarga serta masyarakat pada umumnya.Dengan pelaksanaan keluarga berencana, diusahakan agar angka kelahiran dapat diturunkan, sehingga tingkat kecepatan perkembangan penduduk tidak melebihi kemampuan kenaikan produksi, dan dengan demikian diharapkan dapat ditingkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan rakyat.Banyak pilihan metode kontrasepsi yang tersedia saat ini bagi individu yang ingin mengikuti program keluarga berencana.Semua metode kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Adapun jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan oleh yang ingin mengikuti program keluarga berencana adalah kondom, pil KB, suntik KB, implant/susuk KB, Alat Kontrasepsi Dalam Rahim.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu pasca bersalin tentang alat kontrasepsi dalam rahim di Bidan Praktik Mandiri Noor Asiah Banjarmasin Utara. Penelitian ini menggunakan deskriptif, teknik pengambilan sampel dengan total populasi sampel yaitu sebanyak 30 reaponden,Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dibagikan kepda semua responden untuk mengisinya. Data diolah menggunakan table distribusi frekuensiuntuk kemudian diinterprestasikan.


Hasil penelitian didapatkan bahwa gambaran pengetahuan ibu pasca bersalin tentang alat kontrasepsi dalam rahim sebagian dari keseluruhan adalah kurang yaitu sebayak 18 orang (60 %). Pengetahuan keseluruhan cukup sebanyak 8 orang (26,67%). Pengetahuan keseluruhan baik sebanyak 4 orang (13,33%).


Diharapkan dengan penelitian ini dukungan dan peran serta aktif masyarakat sangat diharapkan guna memaksimalkan upaya peningkatan pengetahuan dalam rangka perubahan.Kepada tenaga kesehatan diharapkan untuk lebih memaksimalkan perannya dalam memberikan pelayanan asuhan kebidanan pada ibu pasca bersalin termasuk dalam memberikan bimbingan kepada ibu tentang alat kontrasepsi dalam rahim.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-17
How to Cite
MARIYANA, MARIYANA. ASPEK PENGETAHUAN TERHADAP RENDAHNYA PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM PASCA BERSALIN DIBIDAN PRAKTIK MANDIRI NOOR ASIAH, Am.Keb. Journal of Midwifery and Reproduction, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 59-61, sep. 2018. ISSN 2598-0068. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/midwiferyandreproduction/article/view/197>. Date accessed: 19 oct. 2018.
Section
Articles