PERBEDAAN MINAT SKRINING KANKER SERVIKS MENGGUNAKAN METODE IVA ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN PADA WUS DI DESA PARIMATA TAHUN 2017

  • nor aniah Akbid Bunga Kalimatan

Abstract

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbesar pada abad ini. Secara umum kanker dapat menyerang hampir setiap bagian tubuh manusia, diantara kemungkinan yang paling besar terkena kanker adalah sistem reproduksi wanita, salah satunya adalah leher rahim. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada 20 orang ibu yang berusia 35 - 50 tahun yang tidak pernah melakukan skrining kanker serviks. Berdasarkan cara pengumpulan data termasuk penelitian observasional. Berdasarkan ada tidaknya perlakuan, penelitian ini merupakan penelitian expose facto. Populasi adalah seluruh WUS di Desa Parimata Tahun 2017 sejumlah 159 orang. Sampel diambil dari sebagian  WUS di Desa Parimata Tahun 2017, pengambilan sampel dengan purposive sampling. Hasil Penelitian adalah Minat skrining kanker serviks responden sebelum penyuluhan  hampir seluruhnya minat sedang yaitu sebanyak 44 orang dengan % (77,2%) pada WUS menggunakan metode IVA. Minat skrining kanker serviks responden sesudah penyuluhan hampir seluruhnya minat baik yaitu sebanyak 53 orang dengan % (93,0%) pada  WUS menggunakan metode IVA di Desa Parimata.Terdapat perbedaan minat skrining kanker serviks menggunakan metode IVA sebelum dan sesudah penyuluhan pada WUS di Desa Parimata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-17
How to Cite
ANIAH, nor. PERBEDAAN MINAT SKRINING KANKER SERVIKS MENGGUNAKAN METODE IVA ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN PADA WUS DI DESA PARIMATA TAHUN 2017. Journal of Midwifery and Reproduction, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 62-66, sep. 2018. ISSN 2598-0068. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/midwiferyandreproduction/article/view/198>. Date accessed: 19 oct. 2018.
Section
Articles