Perbedaan Rerata Pengetahuan Tentang Tugas Perkembangan Remaja Pada Wanita Menikah Usia Dini Dengan Menikah Usia Matang Di Kecamatan Banjarmasin Barat Tahun 2018

  • Ruslinawati Ruslinawati universitas muhammadiyah banjarmasin

Abstract

Remaja yang melakukan pernikahan dini secara perkembangan reproduksi dan psikologis belum matang karena masih mengalami masa transisi dari anak-anak menjadi pubertas. pernikahan dini dalam perspektif kesehatan reproduksi menemukan bahwa perempuan memiliki pengetahuan yang minim dan pemahaman yang kurang tentang dampak keputusan yang diambil untuk melakukan pernikahan dini. Semakin muda  usia  pernikahan  maka akan semakin  rendah pula jenjang pendidikan yang didapat, sehingga pengetahuan yang diperoleh juga akan semakin sedikit. Kecamatan Banjarmasin Barat mempunyai angka pernikahan dini tertinggi dari 5 Kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin pada tahun 2017. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan rerata pengetahuan tentang tugas perkembangan remaja pada wanita menikah usia dini dengan menikah usia matang di Banjarmasin Barat. Metode penelitian komparatif dengan pendekatan Cross Sectional menggunakan kuesioner dan uji statistik Independent t-test. Populasi berjumlah 172 wanita dengan sampel 63 responden terdiri dari 31 wanita menikah usia dini dan 32 wanita menikah usia matang yang menggunakan Cluster Random Sampling. Pada wanita menikah usia dini umur 15-20 tahun rerata pengetahuan didapatkan skor 52,58 sedangkan wanita menikah usia matang umur 21-25 tahun dapat rerata skor 69,31. Terdapat perbedaan rerata pengetahuan tentang tugas perkembangan remaja 16,73 (ρ = 0,000 < α = 0,05)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-29
How to Cite
RUSLINAWATI, Ruslinawati. Perbedaan Rerata Pengetahuan Tentang Tugas Perkembangan Remaja Pada Wanita Menikah Usia Dini Dengan Menikah Usia Matang Di Kecamatan Banjarmasin Barat Tahun 2018. Journal of Midwifery and Reproduction, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 43-53, mar. 2019. ISSN 2598-0068. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/midwiferyandreproduction/article/view/324>. Date accessed: 23 may 2019.
Section
Articles