PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PERSONAL HYGIENE

  • Domas Nurchandra Pramudyanti

Abstract

Kesehatan reproduksi merupakan keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi. Kesehatan reproduksi di kalangan wanita merupakan masalah yang penting untuk diperhatikan. Masalah kesehatan organ reproduksi pada remaja perlu mendapat perhatian yang serius, karena masalah tersebut paling sering muncul pada negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Sering kali remaja mengabaikan pentingnya berperilaku sehat terutama dalam menjaga organ vagina agar terhindar dari berbagai penyakit yang sering dijumpai pada kesehatan organ vagina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan kesehatan dengan metode peer group terhadap pengetahuan remaja putri tentang personal hygiene. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan pre-post with control group designSampel dalam penelitian ini didapatkan pada bulan Juni berjumlah 30 orang siswi yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin dan dibagi menjadi 2 kelompok, terdapat 15 orang responden masuk kelompok intervensi dan 15 orang masuk kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji “Wilcoxon Signed Rank Test” yaitu untuk mengetahui perbedaan (komparasi) antara sebelum dan sesudah dengan menggunakan skala data ordinal. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh Pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan personal hygiene pada remaja putri dengan ρ value = 0,001. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan metode Peer Group Terhadap Pengetahuan Personal Hygiene Remaja Putri dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai pengetahuan personal hygiene antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode peer group pada kelompok intervensi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrori, Hernawan, A. D., & Ermulyadi. (2017). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Keputihan Patologis Siswi SMAN 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara. Unnes Journal of Public Health Vol. 6 No. 1, 2017: 25-34.
Agustiana, R. D. (2015). Pengaruh Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Gatra Praja Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Universitas Negeri Semarang
Atapukang, F., & Lestari, S. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Vulva Hygiene Dengan Kejadian Keputihan Di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Aulia, F. I., Muhlisin, H. M., & Kartinah. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygiene Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Di SDN Rembes 1 Dusun Watugimbal Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang.
Desmarnita, U., Djuwitaningsih, S., & Rochimah. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Kesehatan Reproduksi. JKep. Vol. 2 No. 3 Nopember 2014, hlm 55-62.
Ervyna, A., Utami, A. S., & Surasta, W. (2015). Pengaruh Peer Education Terhadap Perilaku Personal Hygiene Genetalia dalam Pencegahan Kanker Serviks Pada Remaja Putri di SMP Negeri 10 Denpasar. Coping Ners Journal, Vol. 3, No. 2, Edisi Mei-Agustus 2015, hlm 61-67
Fatimah, N., Royhanaty, I., & Sawitry. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Tentang Menstruasi Terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi SD Kelas V Di SD Pundenarum I Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, Volume 6, No 1, Mei 2016, hlm 01-117.
Fitria, R. D., Rosra, M., & Mayasari, S. (2017). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa.
Handayani, S., Cahyo, K., & Indraswari, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Personal Hygiene Remaja Putri Dalam Penanganan Dan Pencegahan Keputihan Pada Siswi SMK Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 5, Nomor 3, Juli 2017.
Isro'in, L., & Andarmoyo, S. (2012). Personal Hygiene Konsep, Proses Dan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Karyati, A., Suriadi, & Febriyanti, T. R. (2014). Korelasi Antara Perilaku Vulva Hygiene Dengan Kejadian Keputihan Pada Mahasiswi Prpgram Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.
Mardalena, R. M., Sanusi, S. R., & Asfriyati. (2015). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Tindakan Kebersihan Organ Genitalia Eksterna Sebagai Upaya Pencegahan Keputihan Pada Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Tahun 2015.
Maryunani, A. (2013). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Jakarta: CV. Trans Info Media.
Murti, H., & Lutfiyati, A. (2017). Hubungan Perilaku Menjaga Kebersihan Genitalia Dengan Kejadian Keputihan Pada Siswi SMAN 1 Galur. Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Nanlessy, D. M., Hutagaol, E., & Wongkar, D. (2013). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Perilaku Remaja Puteri Dalam Menjaga Kebersihan Alat Genitalia Dengan Kejadian Keputihan Di SMA Negeri 2 Pineleng. E-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 1. Nomor 1 Agustus 2013.
Nur, H. A. (2018). Hubungan Persepsi, Sikap, dan Perilaku Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Genitalia dengan Kejadian Fluor Albus (Keputihan). Jurnal Profesi Keperawatan Vol. 5 No. 1 Januari 2018 hlm 1-13.
Nurhayati, A. (2013). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Vaginal Hygiene Terhadap Kejadian Keputihan Patologis Pada Remaja Putri Usia 13-17 Tahun Di Daerah Pondok Cabe Hilir.
Pratiwi, R. T., Mediastuti, F., & Winarsih. (2014). Diskusi Melalui Peer Group (Teman Sebaya) Terhadap Konsep Diri Remaja Tentang Perilaku Seksual. Jurnal Ilmu Kebidanan, Volume II, Nomor 3, Desember 2014.
Sari, P. M. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dengan Kejadian Fluor Albus Remaja Putri SMKF X Kediri. Jurnal Wiyata, Vol. 3 No. 1 Tahun 2016, hlm 1-4.
Sori, M. M. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja Putri Mengenai Kebersihan Organ Genitalia Eksterna Di SMAN 1 Sine Kabupaten Ngawi.
Suriani, & Hermansyah. (2014). Pengaruh Peer Group Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan.
Tulas, V. D., Kundre, R., & Bataha, Y. (2017). Hubungan Perawatan Luka Perineum Dengan Perilaku Personal Hygiene Ibu Post Partum Di Rumah Sakit Pancaran Kasih GMIM Manado. e-Journal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 Nomor 1, Februari 2017, hlm 1-9
Published
2019-03-06
How to Cite
PRAMUDYANTI, Domas Nurchandra. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PERSONAL HYGIENE. Journal of Midwifery and Reproduction, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 80-94, mar. 2019. ISSN 2598-0068. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/midwiferyandreproduction/article/view/423>. Date accessed: 11 dec. 2019.
Section
Articles