HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ALAT REPRODUKSI WANITA DENGAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM PERTOLONGAN PERSALINAN DI PRODI D3 KEBIDANAN FAKULTAS KEPERAWATAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN

  • Nelly Mariati

Abstract

Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang alat reproduksi wanita dengan keterampilan mahasiswa dalam pertolongan persalianan. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Dilaksanakan di Laboratorium D3 Kebidanan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dan bivariate. Pengetahuan mahasiswa tentang alat reproduksi wanita di Prodi D3 Kebidanan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin relatif tinggi, karena jumlah skor yang berada di atas rata-rata lebih banyak daripada yang di bawah rata-rata. Kebanyakan dari mahasiswa sudah merasa cukup dengan target lulus dalam ujian saja, walaupun ketrampilan pertolongan persalinannya masih belum kompeten. Semakin tinggi tingkat pengetahuan mahasiswa tentang alat reproduksi wanita semakin tinggi pula ketrampilan pertolongan persalinan mahasiswa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-11
How to Cite
MARIATI, Nelly. HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ALAT REPRODUKSI WANITA DENGAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM PERTOLONGAN PERSALINAN DI PRODI D3 KEBIDANAN FAKULTAS KEPERAWATAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN. Journal of Midwifery and Reproduction, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-4, sep. 2017. ISSN 2598-0068. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/midwiferyandreproduction/article/view/85>. Date accessed: 17 jan. 2018.
Section
Articles