PERILAKU PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU POSTPARTUM DI BPM IDI ISTIADI BANJARBARU

  • DARMAYANTI WULANDATIKA

Abstract

Latar belakang. Dalam masa nifas, perawatan payudara sangat penting untuk menjaga keindahan payudara serta menghindari masalah-masalah dalam proses menyusui. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ASI tidak lancar walaupun ibu telah mencoba untuk menyusukan bayinya. Keadaan seperti ini sering terjadi dapat disebabkan beberapa faktor diantaranya puting susu yang masuk ke dalam atau puting susu yang datar, puting susu lecet, payudara bengkak yang mempengaruhi pembentukan dan pengeluaran ASI. Pengetahuan tentang perawatan payudara setelah melahirkan sangat diperlukan agar tidak terjadi menghindari masalah-masalah dalam proses menyusui.


Tujuan. Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu post partum dengan perilaku perawatan payudara di BPM Idi Istiadi Banjarbaru


Metode. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 38 orang ibu yang dirawat maupun berkunjung di BPM idi Istiadi pada bulan Juni tahun 2017. Sampel berjumlah 38 responden. Pemilihan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisa data menggunakan spearman’s rank test.


Hasil. Ibu postpartum di BPM Idi Istiadi Banjarbaru tahun 2017 sebagian besar memiliki pengetahuan tinggi tentang perawatan payudara berjumlah 44,7% dan perilaku perawatan payudara yang termasuk sedang berjumlah 50,0%. Nilai korelasi Spearment Rank sebesar 0,657 dengan p value < 0,001.


Kesimpulan. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang perawatan payudara memiliki hubungan positif yang kuat dan signifikan dengan perilaku perawatan payudara pada ibu postpartum yang dirawat maupun berkunjung di BPM Idi Istiadi Banjarbaru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-11
How to Cite
WULANDATIKA, DARMAYANTI. PERILAKU PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU POSTPARTUM DI BPM IDI ISTIADI BANJARBARU. Journal of Midwifery and Reproduction, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 5-9, sep. 2017. ISSN 2598-0068. Available at: <http://journal.umbjm.ac.id/index.php/midwiferyandreproduction/article/view/95>. Date accessed: 27 may 2018.
Section
Articles