TY - JOUR AU - Anshori, Muh Hilal AU - Wulandari, Enika PY - 2020/04/30 TI - EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN PROBING PROMPTING LEARNING BERBANTUAN PUZZLE BATIK PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP JF - THETA: Jurnal Pendidikan Matematika; Vol 2 No 1 (2020) KW - N2 - Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Probing Promting Learning (PPL) Berbantuan Puzzle Batik Pythagoras Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang efektif, siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Dari hal tersebut didapatkan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Probing Promting Learning (PPL) berbantuan Puzzle Batik Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Probing Promting Learning (PPL) berbantuan Puzzle Batik Pythagoras terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP Islam Al – Azhar 18 Salatiga 2019/2020. Hasil pembelajaran pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal itu didukung dengan hasil pembelajaran mencapai 85% sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol mencapa 40% termasuk dalam kategori efektif digunakan dalam proses pembelajaran UR - https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/484