ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR DI SMP ISLAM HASANUDDIN MALANG

  • Rinda Azmi Saputri Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan peserta didik pada soal cerita bangun datar ditinjau dari beberapa kesalahan fakta, kesalahan operasi, kesalahan konsep dan kesalahan prinsip. Subjek penelitian ini tiga orang siswa kelas VIIIB di SMP Islam Hasanuddin Malang yang diambil berdasarkan tingkat kemampuan matematikanya tinggi, rendah dan sedang atas saran dari guru yang mana komunikasi siswa tersebut baik. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, adapun jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan Siswa kemampuan rendah melakukan kesalahan fakta pada soal no.1, kesalahan fakta dan prinsip pada no.2, serta kesalahan fakta dan prinsip pada soal no.3. Siswa kemampuan sedang melakukan kesalahan fakta pada soal no.2 dan kesalahan prinsip pada soal no.3. Siswa kemampuan tinggi  melakukan kesalahan fakta dan prinsip pada soal no.2 serta kesalahan fakta pada soal no.3.

References

Adinawan, M., Cholik & Sugijono. (2008). Seribu Pena Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Intisari Materi Contoh Soal & Pembahasan Uji Kompetensi. Jakarta: Erlangga.
Alfiyah. (2011). Meningkatkan hasil belajar soal cerita materi segiempat melalui penerapan teknik analisis kesalahan Newman bagi siswa kelas 7 SMPN 1 Sukodono Lumajang (RSBI). Tesis: Universitas Negeri Malang, Program Studi Pendidikan Matematika
Cooney,T.J.,Davis,E.V.&,Henderson,K.B. (1975). Dinamics of Teaching Secondary School
Mathematics. Boston: Houghton Mifflin Company.
Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9).
Gangga, Ubayu Wahyuning Awi. 2013. Analisis Kesulitan Belajar Peserta didik pada Topik Limit Fungsi Aljabar dan Pemecahannya. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.
Herlambang. (2013). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII-A SMP negeri 1 Kepahiang tentang bangun datar ditinjau dari teori van hiele. Tesis Program Studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.
Ifanali. (2013). Penerapan langkah-langkah polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita pecahan pada siswa kelas VII SMP negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2).
Musriniyatik, A. S & Sutanto, H. (2014). Pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing untuk memahamkan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Lamongan pada Materi Lingkaran. Prosiding Seminar Nasional TEQIP (Teachers Quality Improvement Program) dengan tema “Membangun Karakter Bangsa melalui Pembelajaran Bermakna TEQIP. Universitas Negeri Malang.
Ozerem, A. (2012). Misconceptions in geometry and suggested solutions for seventh grade students. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, 1(4).
Purwanto, M. & Suroto. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika bentuk soal cerita pada pokok bahasan peluang SMA thribakti tanggulangin kelas XII IPS. Jurnal Pendidikan atematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1).
Rahardjo, M. & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran soal cerita operasi hitung campuran di sekolah dasar (modul matematika SD dan SMP program BERMUTU). Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Roskawati, Ikhsan, M., & Juandi, D. (2015). Analisis penguasaan siswa sekolah menengah atas pada materi geometri. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).
Rudtin, N. A. (2013). Penerapan langkah Polya dalam model problem based instruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita persegi panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1).
Sukayasa. (2009). Penalaran dan pemecahan masalah dalam pembelajaran geometri. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2019-04-08
How to Cite
SAPUTRI, Rinda Azmi. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR DI SMP ISLAM HASANUDDIN MALANG. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1 - 10, apr. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/234>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles