EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS

  • Arif Ganda Nugroho University of Muhammadiyah Banjarmasin
  • Purwanti Purwanti SDLB Martapura

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan media pembelajaran Macromedia Flash menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran dengan media Powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 yang dikenai media pembelajaran Macromedia Flash dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dikenai media pembelajaran Powerpoint pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma dan Limas. Dari hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika yang diberikan pembelajaran dengan Macromedia Flash memberikan efek yang berbeda pada pembelajaran dengan media Powerpoint. Dengan melihat rataan dari prestasi belajar yang dihasilkan oleh masing-masing penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash lebih baik dari pada media pembelajaran Powerpoint.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta, Raja Grafindo Pustaka.
Hartono, Jogiyanto. (1999). Pengenalan Komputer. Yogyakarta, ANDI.
Kurniawan, Yahya. ST. (2006). Macromedia Flash 8. Jakarta, Elex Media Komputindo.
Maizora, Syafdi. (2013). ”Pembuatan Media Pembelajaran dengan Macromedia Flash 8”, https://syafdiichiemaizora.files.wordpress.com/2011/01/pengenalan-flash.pdf
Margono, S. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta, Rineka Cipta.
Priyatmoko, R.(2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Limas Dan Prisma Tegak Untuk Siswa Mts/SMP Kelas VIII (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung, Sinar Baru Algensindo.
Sutopo, Ariesto Hadi. (2002). Animasi dengan Macromedia Flash Berikut Action Script. Jakarta, Salemba Infotek.
Setyono, T., Afri, L. E., & Deswita, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 2(1).
Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran (landasan dan aplikasinya). Jakarta, Rineka Cipta.
Published
2019-03-08
How to Cite
NUGROHO, Arif Ganda; PURWANTI, Purwanti. EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-36, mar. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/253>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles