PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERMUATAN NILAI KARAKTER

  • Rahmatya Nurmeidina Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Pembelajaran matematika yang berhasil didukung oleh perangkat pendukung pembelajaran yang baik, seperti Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Bangun Ruang Sisi Datar dengan pendekatan kontekstual yang valid dan praktis. LKS ini juga dilengkapi dengan muatan nilai karakter seperti nilai kerja sama, kerja keras, rasa ingin tahu dan peduli. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagharajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I Semmel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kevalidan LKS ditinjau dari penilaian para ahli dan mencapai kategori valid, dan aspek kepraktisan LKS mencapai kategori sangat praktis ditinjau penilaian oleh guru dan praktis jika ditinjau dari penilaian oleh siswa.

References

Azwar, S. (2009). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Johnson, E. B. (2009). Contextual teaching and learning: What it is and why it's here to stay. Corwin Press. (Terjemahan A. Chaedar Alwasilah)
Kemdiknas, T. P. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendiknas.
Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and
responsibility. Bantam.
Nurhadi. (2002). Pendekatan kontekstual. Jakarta : Depdikbud
Pendidikan, P. M., & Nomor, K. (68). Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama.
Madrasah Tsanawiyah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) No.68 Tahun 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta:Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan.
Sanjaya, T. M. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP yang menunjang pendidikan karakter. Tesis magister, tidak diterbitkan, UNY, Yogyakarta.
Sutama, S., & Putro, K. I. R. S. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Standar Nasional. Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan, 1(1).
Thiangarajan S., Semmel D & Semmel M. I (1974). Instructional development for training teachers of exceptional Children: A sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on teaching the handicaved.
Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5).
Published
2019-03-08
How to Cite
NURMEIDINA, Rahmatya. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERMUATAN NILAI KARAKTER. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 22-26, mar. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/255>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles