KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA MELALUI PENDEKATAN HANDS-ON ACTIVITY DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS AWAL

  • Iin Ariyanti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Hands-On Activity ditinjau dari kemampuan matematis awal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group, Pretest-Postest Design. Adapun yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMPN Banjarmasin dengan sampel penelitian sebanyak 67 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman matematik yang diberikan di awal dan akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan  pendekatan Hands-On Activity tidak lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan matematis awal tinggi; (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa  yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan  pendekatan Hands-On Activity lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan matematis awal sedang dan rendah.

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dahlan, J. A. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Donald, A. (2010). Introduction to Research in Education. USA: Wadsworth Cengage Learning.
Hake, R. R. (1999, 3 13). Analyzing change/gain score. Retrieved from http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Holstermann, N., Grube, D., & Bogeholz, S. (2010). Hands-on Activities and Their Influence on students Interest. Research in Science Education, 743-757.
Hussain, M., & Akhtar, M. (2013). Impact of Hands-on Activities on Students Achievement in Science: An Experimental evidence from Pakistan. Middle-East Journal of Scientific Research 16, 626-632.
Kartono. (2010). Hands on Activity pada Pembelajaran Geometri Sekolah sebagai Assesmen Kinerja Siswa. Jurnal Kreatif Inovatif, 21-32.
Marshall, L., & Swan, P. (2008). Exploring the Use of Mathematics Manipulative Materials: Is It What We Think It Is? Proceedings of the EDU-COM 2008 International Conference.
Skemp, R. R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Teaching. Mathematics Teaching, 20-26.
Turmudi. (2008). Landasan filsafat dan teori pembelajaran matematika berparadigma eksploratif dan investigatif. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.
Zamnah, L. N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Hands-on Activity. Galuh Research, Idea, Statement (GARIS) 1.
Published
2019-03-08
How to Cite
ARIYANTI, Iin. KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA MELALUI PENDEKATAN HANDS-ON ACTIVITY DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS AWAL. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 17-21, mar. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/257>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles