PENGEMBANGAN BUKU PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan buku siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan PMR di kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan buku siswa bangun ruang sisi datar berbasis PMR ini menggunakan model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri dari tiga fase. Fase pengembangan Plomp yaitu fase penelitian awal (preliminary research), fase prototype (prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase). Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VIII SMP daerah Malang. Berdasarkan hasil uji coba, tingkat keterlaksaan penggunaan buku siswa berada pada katagori tinggi selama tujuh pertemuan sehingga buku siswa dikatakan praktis. Berdasarkan perhitungan skor aktivitas siswa diperoleh skor dengan kategori minimal aktif untuk setiap aspek. Siswa memberikan respon yang positif terhadap buku siswa. Berdasarkan hasil perhitungan ketuntasan belajar dari 34 siswa, diperoleh 30 siswa (88%) mendapat nilai minimal 75 dan 4 siswa (12%) yang mendapat nilai kurang dari 75. Dengan demikian buku siswa bangun ruang sisi datar berbasis pendidikan matematika realistik pada kelas VIII yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
References
Gravemeijer, K. P. E. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht CD Press.
Hadi, S. 2002. Effective Teacher Professional Development for the Implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesia. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente.
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember : Pena Salsabila
Sa’dijah, C. 2006. ”Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme untuk siswa SMP”. Jurnal Pendidikan MATHEDU PPs UNESA Vol. 1 No. 2 Juli 2006
Soedjadi, 2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pendidikan Matematika. Makalah disampaikan pada seminar Nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA tanggal 24 Februari 2001.
Ullya. Zulkardi & Putri. 2010. Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4 No.2, Desember 2010
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu
Yuwono, I. 2005. Pembelajaran Matematika Secara Membumi. Surabaya: PPs Unesa.
Zulkardi. 2002. Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente.