ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

  • pujia siti balkist universitas muhammadiyah sukabumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan belajar pada Materi Trigonometri dalam Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi sebagai acuan untuk mendorong guru menghadirkan pembelajaran yang bersifat didaktis da;am pembelajaran trigonometri di kelas XI.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan 9 orang siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020. Siswa yang menjadi partisipan adalah siswa yang telah diberikan materi konsep trigonometri, fungsi trigonometri dan persamaan trigonometri. Analisis hambatan belajar siswa dalam kemampuan penalaran matematis diukur dengan instrumen berupa 5 soal yang telah divalidasi sebelumnya. Hambatan belajar yang ditemukan diantaranya Konsep teorema pyhtagoras, Konsep bagian-bagian segitiga siku-siku dalam trigonometri ,Konsep trigonometri ,Konsep trigonometri sudut berelasi, Konsep absis untuk trigonometri yang kurang dipahami siswa Konsep dasar aljabar yang kurang dipahami siswa dan Kurangnya ketelitian siswa. Hambatan belajar tersebut dapat dijadikan suatu acuan sebagai anitisipasi didaktis pedagogis (ADP) dan pertimbangan learning trajectory (LT) dalam pembelajaran trigonometri di kelas XI. Sehingga guru diharapkan dapat menghadirkan situasi didaktis dalam pembelajarannya.

References

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan komunikasi dan Penalaran SertaDisposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game adobe Flash CS 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197-222.
Habriah, A. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(3).
Kariadinata, R. (2013). Trigonometri Dasar. Bandung : Pustaka Setia.
Mulia, O.S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pendekatan Pembelajaran Matematik Realistik(PMR). Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika FKIP UNPAS Bandung. Tidak Diterbitkan.
Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (tgt) Terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1. No. 1.

Roeroe, M.B. (2011). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran kependidikan. ED VOKASI. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 2, Nomor 2, hal. 139-144.
Subroto, T., Sholihah, W. (2018). Analisis Hambatan Belajar pada Materi Trigonometri dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Journal of Indonesian Mathematics Education, 1(2).
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1, No. 2. 3-12.
Published
2019-10-31
How to Cite
BALKIST, pujia siti. ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 42 - 52, oct. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/398>. Date accessed: 10 apr. 2020.
Section
Articles