UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN ANGKET KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK

  • Iin Ariyanti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat instrumen yang dapat mengukur kemandirian belajar siswa dengan mengukur tingkat validitas dan reliabilitasnya. Instrumen berupa angket kemandirian belajar matematik siswa yang terdiri dari 25 pernyataan (14 pernyataan positif dan 11 pernyataan negative) dengan respon berdasarkan skala likert skor 1 sampai 4. Hasil yang diperoleh yaitu pada perhitungan validitas terdapat 2 pernyataan yang tidak valid dari 25 pernyataan yang ada yaitu pernyataan “Saya menyadari bagian-bagian matematika yang saya belum pahami dengan baik” pada indikator inisiatif belajar dan motivasi belajar intrinsik dan “Pada saat teman saya mengemukakan jawaban dari soal matematika yang berbeda dengan saya, saya memilih untuk diam” pada indikator self eficacy (konsep diri). Reliabilitas instrumen angket kemandirian belajar matematik sebesar 0,87 dan termasuk kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa 23 pernyataan lainnya dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur kemandirian belajar matematik siswa.

References

Schunk, D.H. & Zimmerman, B.J. (1994). Selfregulation in education: retrospect and prospect. In D.H Schunk & B.J. Zimmerman (Eds.), Self-regulation of learning and performance. Hillsdale, NJ: Erlbaum
Dahlan, J. A. (2011). Analisis kurikulum matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Darr, C. & Fisher, J. (2004). Self regulated learning in the mathematics class. Paper presented at NZARE Conference, Turning the Kaleidoscope, Wellington, 24 – 26 November 2004.
Indrawan, R. & Yaniawati, R. P. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen,
Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Turmudi. (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika: Referensi untuk Guru TS, Mahasiswa dan Umum. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.
Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran Matematika. Bandung : PT Refika Aditama. Suherman, E. (2003). Evaluasi pembelajaran matematika untuk guru dan mahasiswa calon guru matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2019-10-31
How to Cite
ARIYANTI, Iin. UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN ANGKET KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 53 - 57, oct. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/403>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles