KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VARK

  • Ahmad Didit Chayono STKIP PGRI Sidoarjo
  • siti nuriyatin STKIP PGRI Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa ditinjau dari gaya belajar VARK. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA MUHAMMADIYAH 3 Tulangan. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa  yang berturut-turut bergaya belajar visual, aural, read/write, dan kinestetik. Instrumen penelitian adalah angket dan tes tulis yang berturut-turut bertujuan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya; dan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bertipe visual, aural dan kinestetik mampu bernalar pada setiap tahap. Siswa yang bertipe read/write hanya bernalar pada indikator menyajikan masalah matematika pada tahap memahami masalah dan penyelesaian, serta manipulasi matematika pada tahap penyelesaian.

References

Aiken, L. R. (1976). Update on attitudes and other affective variables in learning mathematics. Review of Educational Research, 46, 293–311
Bramlett, D. C., & Herron, S. (2009). A study of African-American college students' attitude towards mathematics. Journal of Mathematical Sciences & Mathematics Education, 4, 43-51.
Coffield, F. Moseley, D., Hall, E., & Ecclestone, K. (2004). Learning Styles and Pedagogy in Post-16 Learning: A Systematic and Critical Review. Learning and Skills Research Centre: United Kingdom.
Depdiknas, (2004). Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 506/C/PP/2004. Jakarta Depdiknas. (2006).
Prabhakar V & Swapna B. (2009). Influence of learning styles. Int. J Learn, 16(9).
Rasimah A & Zurina M. (2008). Student’s Learning Styles and Academic Performance. Annual SAS Malaysia Forum, July 2008, Kuala Lumpur Convention Center.
Ren G 2013. Which learning style is most effective in learning Chinese as a second language. Journal of International Education Research, 9(1):21–32.
Slavin RE 2009. Educational psychology: Theory and practice (9th ed). Upper Saddle River, NJ: Pearson
Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Beserta Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum untuk Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) beserta Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Usniati, M. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran matematika melalui pendekatan pemecahan masalah.
Published
2019-10-31
How to Cite
CHAYONO, Ahmad Didit; NURIYATIN, siti. KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VARK. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 58 - 61, oct. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/407>. Date accessed: 23 feb. 2020.
Section
Articles