PENGEMBANGAN LKS BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS XI BERBASIS K-13

  • Santi Santi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Dina Huriaty STKIP PGRI Banjarmasin
  • Mayang Gadih Ranti STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Barisan dan Deret Aritmetika kelas XI berbasis K-13 yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan, Semmel & Semmel atau model 4-D yang terdiri atas Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek Uji coba kelompok kecil adalah 8 siswa kelas XI MAN 3 Hulu Sungai Selatan, dan subjek uji coba lapangan adalah 36 orang siswa kelas XI MIA 1 MAN 3 Hulu Sungai Selatan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi yang digunakan untuk melihat kevalidan LKS, angket respon siswa untuk melihat kepraktisan LKS, dan tes hasil belajar untuk melihat keefektivan LKS. Hasil penelitian menunjukkan LKS Barisan dan Deret Aritmetika berbasis K-13 yang dikembangkan valid karena skor validitas LKS 3,464 berada pada kategori valid, praktis karena lebih dari 80% subjek uji coba memberikan respon positif dan efektif karena ketuntasan secara klasikal yang diperoleh lebih dari 70%.

References

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif (Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik). Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Nieveen, N. (2010). Formative Evaluation in Educational Design Research. Netherlands: Netzodruk, Enschede.
Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. 2013. Jakarta: Armas Duta Jaya.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thiagarajan, S., Semmel, M. I., & Semmel, D. S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Armas Duta Jaya.
Widoyoko, S. Eko Putro. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran Paduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.
Published
2019-10-31
How to Cite
SANTI, Santi; HURIATY, Dina; RANTI, Mayang Gadih. PENGEMBANGAN LKS BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS XI BERBASIS K-13. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 62 - 67, oct. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/412>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles