PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KERTAK HANYAR PADA MATERI PECAHAN

  • Norliyana Norliyana SMPN 1 Kertak Hanyar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis siswa, terutama pada materi pecahan. Namun, yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, pendekatan Real Mathematics Education (RME) diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan  untuk dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi pecahan dengan menggunakan pendekatan RME. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kertak Hanyar yang berjumlah 23 orang. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi aktivitas guru dan siswa serta tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa pada materi pecahan dapat meningkat dengan penerapan pendekatan RME. Pada siklus 1 hasil observasi aktivitas guru mencapai 81%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 73% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik sebesar 26%. Pada siklus 2 hasil observasi aktivitas guru mencapai 87%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai  83% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik mencapai 61%.

References

Arsaythamby, V. & Zubainur, C.M. 2014. How a realistic mathematics educational approach affect students’ activities in primary schools?. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 159: 309-313.
Baroody, A. J. 1993. Problem solving, reasoning, and communicating, K-8 helping children think mathematically. New York: Macmillan Publishing Company.
Brodie, K. 2010. Teaching mathematical reasoning in secondary school classrooms. London: Springer.
Djamarah, S. 2009. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Freudenthal, H. 1991. Revisiting mathematics education. China Lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Gravemeijer, K. 1994. Developing realistics mathematics education. Utrecht: Freudenthal Institute.
Hamlina. 2016. Penerapan pembelajaran pendekatan RME untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas VII SMP negeri 5 tamban pada materi pecahan [Tesis]. Malang: Universitas Negeri Malang
Herman, T. 2010. Membangun pengetahuan siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu, diakses pada tanggal 18 Agustus 2017.
Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan konstektual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
NCTM. 2000. Standards and principles for school mathematics. Reston: The National Council Teacher Mathematics, Inc.
Sembiring, R.K., Hadi, S. & Dolk, M. 2008. Reforming mathematics learning in indonesian classrooms through RME. ZDM-The Internatioal Journal on Mathematics Education, 40(6), 927-939.
Heuvel‐Panhuizen, M. V. D. (2005). Can scientific research answer the ‘what’question of mathematics education?. Cambridge Journal of Education, 35(1), 35-53.
Published
2019-10-31
How to Cite
NORLIYANA, Norliyana. PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KERTAK HANYAR PADA MATERI PECAHAN. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 68 - 74, oct. 2019. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/418>. Date accessed: 23 feb. 2020.
Section
Articles