ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM POSING DALAM MASALAH CERITA YANG MEMUAT PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 15 NANGA PINOH

  • Marsudan Pangrimba STKIP Melawi
  • Mohamad Rif'at Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Yumi Sarassanti STKIP Melawi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan problem posing ditinjau dari tingkat kesulitan soal dalam masalah cerita yang memuat pecahan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, tempat penelitian di SD Negeri 15 Nanga Pinoh dengan sampel penelitian sebanyak 14 orang siswa, dari penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan kelompok 1 tingkat persentase penguasaan soal yaitu 68%, kelompok 2 tingkat persentase penguasaan soal yaitu 76%, kelompok 3 tingkat persentase penguasaan soal yaitu 40%, kelompok 4 tingkat persentase penguasaan soal yaitu 52%.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kadir, K., & Sadzali, M. (2019). Analisis Kemampuan Problem Posing Matematis Siswa dalam Pembelajaran Model
Kooperatif NHT. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 1(1).
Komalasari, Y., Marlina, N., Ratnapuri, S., & Amelia, R. (2018). Menganalisis Kemampuan Mathematical Problem
Possing Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sma. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 359-368.
Patmaningrum, A. (2011). Analisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas pengajuan soal integral (Doctoral dissertation, Tesis. PPs. Unesa Surabaya). Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung. Suryosubroto, B. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah wawasan baru: beberapa metode pendukung dan beberapa komponen layanan khusus. PT Rineka Cipta.
Published
2020-09-15
How to Cite
PANGRIMBA, Marsudan; RIF'AT, Mohamad; SARASSANTI, Yumi. ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM POSING DALAM MASALAH CERITA YANG MEMUAT PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 15 NANGA PINOH. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 45-49, sep. 2020. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/481>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles