REPRESENTASI SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

  • Edi Purwanto Universitas Pawyatan Daha Kediri

Abstract

Pembelajaran matematika sekarang ini memerlukan suatu pembenahan dari pemikiran efisien melalui hafalan ke upaya keterampilan berpikir untuk lebih kreatif. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa SMA berdasarkan representasi dalam menyelesaikan masalah matematika, ditinjau dari aspek keluwesan, elaborasi, kefasihan, dan keaslian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini masing-masing 2 siswa kemampuan berpikir kreatif tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi menunjukkan keluwesan, elaborasi, kefasihan, dan keaslian dengan baik. Untuk subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang sedang menunjukkan keluwesan, elaborasi, kefasihan, dan keaslian dengan cukup baik. Untuk subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang rendah menunjukkan keluwesan, elaborasi, kefasihan, dan keaslian yang kurang baik.

References

Aflalo, M. dan Offir , B. 2010. Activation of Community Television and its Influence on Students’ Creative Thinking Level. Psychology. 1: 65-79. Doi:10.4236/psych.2010.12010.
Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad G.. 2012. Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School student. International Interdisciplinary Journal of Education. 1 (3) : 44-47.
Beghetto, R. A., dan Kauffman, J. C. 2009. Do We Have Multicreative Potential?. ZDM the International Journal on Mathematics Education. 41(1) : 39-44.
Creswell, J. W.. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Lincoln: Pearson.
Edgar, D. W., Faulkner, P., Franklin, Ed., Knobloch, N. A., dan Morgan A. C.. 2008. Creative Thinking: Opening Up a World of Thought. Research Report.
Filsaime, D.K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustaka
Haavold, P.. 2013. What are the Characteristics of Mathematical Creativity?. A Dissertation for the Degree of Philosophiae Doctor : Faculty of Science and Technology Department of Mathematics and Statistics.
Habibollah, N., Rohani, A., & Aizan, H. T. 2009. Creativity, Age, and Gender as Predictors of Academic Achievement among Undergraduate Student. Journal of American Science. 5(5) : 101-112
Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., & Yang, Y.-L.. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Journal of Educational Technology and Society. 191-212.
Johnson, Burke dan Christensen, Larry. 2004. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. New York: Pearson.
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Kwon, O. N., Park, J. S., Park, J. H. 2006. Cultivating divergent Thinking in Mathematics Through an Open-Ended Approach. Asia Pacific Education Review. 51-61
Lithner, Johan. 2012. Learning mathematics by creative or imitative reasoning. International Congress on Mathematical Education.
McGregor, D. 2007. Developing Thinking, Developing Learning : A Guide to Thinking Skills in Education. Polandia : Oz Graf S.A.
Moleong, L. J.. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for Schools Mathematics. Reston, USA: NCTM.
Purwanto, E., Irawati, S., & Hidayanto, E. 2016. Representasi Hasil Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Materi Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional dan Pembelajarannya 2016 Universitas Negeri Malang : Tren Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Abad 21.
Siswono, T. Y. E.. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa Universitas Press.
Sriraman, B., Haavold, P., Lee, K.. 2013. Mathematical creativity and giftedness: a commentary on and review of theory, new operational views, and ways forward. ZDM Mathematics Education. 45 : 215–225. DOI 10.1007/s11858-013-0494-6.
Stenberg, R.J. & Lubart, T.L.. 2002. Intelligence and Creativity Synthesized. New York : Cambridge University Press.
Stoltz, P. G. 2000. Adversity Quotient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (Penerjemah : Hermata, T.). Jakarta : Grasindo.
Tall, D.. 2002. Advanced Mathematical Thinking. New York : Kluwer Academic Publisher.
Wang, A. Y.. 2011. Contexts of Creative Thinking: A Comparison on Creative Performance of Student Teachers in Taiwan and the United States. Journal of International and Cross Cultural Studies. 1-14.
Published
2020-04-28
How to Cite
PURWANTO, Edi. REPRESENTASI SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-11, apr. 2020. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/483>. Date accessed: 07 july 2020.
Section
Articles