EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN PROBING PROMPTING LEARNING(PPL) BERBANTUAN PUZZLE BATIK PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGAPADA MAT

  • Muh Hilal Anshori Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
  • Enika Wulandari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Probing Promting Learning (PPL) Berbantuan Puzzle Batik Pythagoras Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang efektif, siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Dari hal tersebut didapatkan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Probing Promting Learning (PPL) berbantuan Puzzle Batik Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Probing Promting Learning (PPL) berbantuan Puzzle Batik Pythagoras terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP Islam Al – Azhar 18 Salatiga 2019/2020. Hasil pembelajaran pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal itu didukung dengan hasil pembelajaran mencapai 85% sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol mencapa 40% termasuk dalam kategori efektif digunakan dalam proses pembelajaran.


 


 


 

References

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmawan, D. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Depdiknas.2006. Standar Isi. Jakarta: Permendiknas 22 tahun 2006
Hanief & Himawanto. 2017. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Indarti,Dwi dkk. 2017. Numbered Head Together with Scientific approach in geometry learning. Journal of Physics :conf. Series 943 . 012028
Fauziah, Resty & Montessori, Maria. 2018. Effect of cooperative learning model numbered
heads together (nht) type on student learningoutcomes in social sciences subjects in grade V elementary school. International Journal of Educational Dynamics. (1):1, pp. 147-154.
Kusrini, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Marsella, Anggi. & Wiyatmo, Yusman. 2017. Efektivitas alat peraga dengan media audio visual dan alat peraga riil terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik SMA N 3 Klaten materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(5). 401-408.
Mukhibin, A. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Pendekatan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self-Efficacy Siswa Kelas X Mipa MAN Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 Pada Materi Vektor. Skripsi.Salatiga.IAIN Salatiga
Pratiwi, Indah. 2019 Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4 Nomor 1.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulya, Himmatul, Masrukan &Kartono. 2012. Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dengan penilaian produk. Unnes Journal of Mathematics Education. 1(1). 26-31.
Wahyono, Teguh. 2008. Belajar Sendiri SPSS 16 Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Wulandari, Enika dan Azka, Raekha. 2018. Menyambut PISA 2018 : Pengembangan Literasi Matematika untuk Mendukung Kecakapan Abad 21.De Fermat:Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 31-38.
Published
2020-04-30
How to Cite
ANSHORI, Muh Hilal; WULANDARI, Enika. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN PROBING PROMPTING LEARNING(PPL) BERBANTUAN PUZZLE BATIK PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGAPADA MAT. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 12-19, apr. 2020. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/484>. Date accessed: 07 july 2020.
Section
Articles