ANALISIS INTERPRETASI BAHASA MATEMATIKA KELAS V SDN MALINAU (LOKSADO, KAL-SEL)

  • Rinda Azmi Saputri UIN Antasari Banjarmasin

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui interpretasi bahasa matematika siswa di SDN Malinau dan penyebab kesalahannya. Subjek penelitian ini yaitu kelas V di SDN Malinau yang berjumlah empat belas siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, adapun jenis penelitian ini yaitu studi kasus- deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu pada permasalahan pertama, kesalahan siswa menginterpretasikan kalimat matematika ke simbol matematika ketika siswa mengubah kalimat matematika “dua puluh ribu empat puluh dua” ke simbol matematika “2042” yang seharusnya “20.042”. Pada permasalahan kedua, kesalahan siswa menginterpretasikan simbol matematika ke kalimat matematika ketika siswa menganggap operasi “tambah” bertemu dengan tanda “negatif” maka tanda “negatif” nya hilang, begitu juga ketika operasi “kurang” bertemu dengan tanda “negatif” maka tanda “negatif” nya hilang. Kesalahan lainnya yaitu siswa menuliskan operasi “kurang” bertemu dengan tanda “negatif” maka berubah menjadi operasi “tambah”, namun tanda “negatif” nya masih dituliskan, meskipun hasil operasinya sudah benar. Penyebab kesalahan siswa menginterpretasikan bahasa matematika ini tidak terlepas dari guru. Hal ini dapat dilihat dari jawaban yang diberikan guru pada permasalahan kedua di mana jawaban guru langsung menuliskan operasi “tambah” jika operasi “kurang” dan tanda “negatif” bertemu.

References

AECT. 1977. Selecting Media for Learning. Washington DC: Assocation for Education Communication and Technology.
Atiqoh, khamida Siti Nur. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi datar. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME). 1(1).
Ball, D.L., Lubienski, S., & Mewborn, D. 2001. Research on Teaching Mathematics: The Unsolved Problem of Teachers Mathematical Knowledge. In V.Richardson (Ed.), Handbook of research on teaching (4th ed.). New York: Macmillan.
Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Budiyono,2008, Kesalahan mengerjakan soal cerita dalam pembelajaran matematika, Paedogogia,II(1).
Burton, L. 1992. Working Together. In Mathematics Teaching, 140, September, pp. 16–19.
Cahyo, A. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogjakarta: DIVA Press.
Fitrah, M. 2014. Pembelajaran melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Prestasi Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD 2014) Yogyakarta, 27 Desember 2014. Prosiding ISSN :9 772407 749004.
Groves, S. 1989. Problem-solving and Modelling – Years 7 to 12, in B. Doig (ed.), Everyone Counts. The Mathematical Association of Victoria for Twenty-sixth Annual Conference, December 7th & 8th, 1989, pp. 10–17.
Hati, sartika. (2015). Analisis kesulitan belajar siswa pada operasi hitung bilangan bulat dalam menyelesaikan soal cerita dikelas vii smp negeri 2 limboto. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo.
Imelda, M.dkk. (2013). Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di smp.Program Studi Pendidikan Matematika. UNTAN.
In’am, A. (2012). Analisis kemampuan profesional guru matematika sekolah menengah pertama awam di malang indonesia. Jurnal Pendidikan Sains & Matematik Malaysia. Vol 2 No. 1 ISSN 2232-0393.
Jana, Padrul. 2018. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (2).
Liliasari. 2003. Peningkatan Mutu Guru dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Model Pembelajaran Kapita Selekta Kimia Sekolah Lanjutan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Edisi 3 Tahun Vlll.
Miles, Matthew B., “Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru/ Matthew B, Miles dan A. Michael Huberman; penerjemah Tjejep Rohendi Rohidi”, (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Parker, J & Heywood, D. 2000. Exploring the Relationship Between Subject Knowledge and Pedagogic Content Knowledge In Primary Teachers Learning about Forces. International Journal of Science Education, 22 (1), pp. 89-111.
Riani, Wiwik Sustiwi. (2007). Diagnosis kesulitan belajar matematika pada pokok bahasan bilangan bulat pada siswa kelas V sekolah dasar di kecamatan wonosari kabupaten gunungkidul. Tesis : Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta
Sudjana., dkk. 2001. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2020-06-30
How to Cite
SAPUTRI, Rinda Azmi. ANALISIS INTERPRETASI BAHASA MATEMATIKA KELAS V SDN MALINAU (LOKSADO, KAL-SEL). THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 20-26, june 2020. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/497>. Date accessed: 07 july 2020.
Section
Articles