PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK SMA KELAS X MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS

Development of Android Based Mathematics Learning Media for Class X Senior High School Composition Function and Invers Function

  • Rastiwi Ayu Tantri Universitas Ahmad Dahlan
  • Syariful Fahmi Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Smartphone yang belum dimanfaatkan secra maksimal dalam proses pembelajaran perlu dikembangkan. Media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran salah satunya adalah media pembelajaran matematika berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan mendapatkan kategori sangat baik dengan rata-rata 4,58 dengan masing-masing penilaian yaitu ahli materi diperoleh kategori sangat baik dengan rata-rata 4,93, ahli media diperoleh kategori sangat baik dengan rata-rata 4,78, hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh kategori baik dengan rata-rata 4,21, dan hasil respon siswa pada uji lapangan diperoleh kategori sangat baik dengan rata-rata 4,39. Sehingga, dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android untuk SMA kelas X materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers layak digunakan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

References

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarata: Sekretariat Negara.
Indonesiabaik.id. (2018, Juni 28). Indonesiabaik.id. Retrieved Juni 30, 2020, from 66,3% masyarakat Indonesia Memiliki Smartphone #8: http://indonesiabaik.id/infografis/663-masyarakat-indonesia-memiliki-smartphone-8
Kusuma, O. (2014). Model Pembelajaran Keseimbangan Melalui Permainan Estafet Bola di Lingkungan Persawahan. Journal of Physical Education, Health and Sport, 93-97.
Lianto, dkk. (2018). Pengembangan Model Jurnal Belajar. Jurnal Pijar MIPA, 106-109.
Rabiah, S. (2015). Penggunaan Metode Research And Development Dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Surakarta: ADOBSI.
Rejeki, M. dan Tarmuji, A. (2013). Membangun Aplikasi Autogenerate Script ke Flowchart untuk Mendukung Business Process Reenginering. Jurnal Sajana Teknik Informatika, 448-456.
Rezeki, S. (2018). Pemenfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 856-864.
Rifai, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi Kelas XI SMA Negeri 8 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Skripsi: UIN Alauddin Makasar.
Sulistyo, T. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Segiempat dan Segitiga dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi: Universitas Mercu Buana.
Suparni. (2016). Metode Pembelajaran Membaca Doa Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal on Software Engineering, 57-63.
Suryani, N. dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Surakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Widoyoko, E. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Dasar-dasar Algoritma dan Pemrograman untuk Siswa Kelas X SMK Nasional Berbah. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2020-10-31
How to Cite
TANTRI, Rastiwi Ayu; FAHMI, Syariful. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK SMA KELAS X MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 58 - 67, oct. 2020. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/567>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Articles