PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

  • Novita Dwi Andini Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Nurjanah
  • Lukman El Hakim

Abstract

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama masih rendah. Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti yaitu dikarenakan siswa secara pasif mengikuti pembelajaran dan hanya menghafal rumus tanpa mengetahui manfaatnya. Koneksi matematis penting untuk siswa karena kemampuan awal akan menentukan keberhasilan siswa untuk mencapai kesuksesan di tingkat sekolah selanjutnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual dianggap mampu membuat siswa tampil lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran lantaran pendekatan kontekstual pada prosesnya menghubungkan pengalaman siswa dengan subjek yang dipelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode library research atau penelitian kepustakaan. Pengumpulan data menggunakan sumber yang berasal dari buku, jurnal, dan skripsi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian melalui langkah pertama yaitu mereduksi data. Langkah kedua menyajikan data. Langkah terakhir yaitu pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis dengan menggunakan pendekatan kontekstual di tingkat sekolah menengah pertama.


Kata kunci: kemampuan koneksi, koneksi matematis, pendekatan kontekstual

References

Anwar, S., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 116.
https://doi.org/10.31000/prima.v3i2.1169 [diakses pada Selasa, 3 November 2020 pukul 12:58]
Aspuri, & Pujiastuti, H. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 124–131. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/3651/2061 [diakses pada Selasa, 3 November 2020 pukul 13:17]
Budiarto, A. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching & Learning ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. November. https://eprints.uny.ac.id/20174/1/Naskah Skripsi Andi Budiarto 08504244012.pdf [diakses pada Sabtu, 2 Januari 2020 pukul 2:28]
Danaryanti, A., & Tanaffasa, D. (2016). Penerapan Model Probing Prompting Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2283
[diakses pada Kamis, 31 Desember 2020 pukul 2:19]
Febriyanti, F., Bagaskorowati, R., & Makmuri, M. (2019). The Effect of The Realistic Mathematics Education (RME) Approach and The Initial Ability of Students on The Ability of Student Mathematical Connection. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 153–156. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.2117
[diakses pada Kamis, 3 Desember 2020 pukul 13:22]
Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind Pada Siswa. Media Sahabat Cendikia. https://books.google.co.id/books?id=iPqtDwAAQBAJ [diakses pada Selasa, 29 Desember 2020 pukul 22:56]
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37.
https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893 [diakses pada Jum’at, 1 Januari 2020
pukul 13:43]
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=2HRoigMMdqMC [diakses pada Minggu, 3 Januari 2020 pukul 13:22]
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80

[diakses pada Sabtu, 2 Januari 2020 pukul 01:03]
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika, 17(1), 1–
12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691 [diakses pada Minggu, 3 Januari 2020 pukul 13:26]
Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness of Learning Method Contextual Teaching Learning (CTL) for Increasing Learning Outcomes of Entrepreneurship Education. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(3), 37–46. https://www.tojned.net/journals/tojned/articles/v08i02/v08i02-
06.pdf [diakses pada Sabtu, 2 Januari 2020 pukul 01:05]
Musriliani, C., & Anshari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2814 [diakses pada Selasa, 3 November 2020 pukul 13:24]
Nst, M. D. (2015). Penerapan strategi instant assesment untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2013/2014. EduTech, 1(1), 1–
16. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/270/pdf_7 [diakses pada Minggu, 3 Januari 2020 pukul 14:15]
Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (Ctl) Dengan Geogebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349 [diakses pada Sabtu, 2 Januari 2020 pukul 01:05]
Nuriadin, I. (2015). Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Program Geometer’S Sketchpad Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 4(2), 168. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.80 [diakses pada Selasa, 3 November 2020 pukul 13:24]
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Sereal Untuk, 51(1), 51. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014-digabungkan.pdf [diakses pada Selasa, 29 Desember 2020 pukul 18:39]
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7345
[diakses pada Selasa, 3 November 2020 pukul 13:06]
Rafidah, R., Purwanto, S., & Dwi Antari Wijayanti. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 35–41. https://doi.org/10.21009/jrpms.042.05 [diakses pada Selasa, 3 November 2020 pukul 13:12]
Saminanto, & Kartono. (2015). Analysis of mathematical connection ability in linear

equation with one variable based on connectivity theory. International Journal of Education and Research, 3(4), 259–270. https://www.ijern.com/journal/2015/April-
2015/22.pdf [diakses pada Kamis, 31 Desember 2020 pukul 14:06]
Sumarna, M. D. (2004). Konsep Guru dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara. Metode Penelitian, 22–34. http://repository.upi.edu/11393/6/S_PAI_1000929_Chapter3.pdf
[diakses pada Kamis, 10 Desember 2020 pukul 0:05]
Yensy, N. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Argamakmur. Exacta, 10(1), 24–35. http://repository.unib.ac.id/490/1/04. Isi vol x 2012 - Nurul Astuty Yensi 024-035.pdf [diakses pada Minggu, 3 Januari 2020 pukul 15:00]
Yudha, A. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 79–83. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7533 [diakses pada Kamis, 10 Desember 2020 pukul 01:31]
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=iIV8zwHnGo0C [diakses pada Sabtu, 2 Januari 2020 pukul 16:58]
Published
2021-04-30
How to Cite
ANDINI, Novita Dwi; NURJANAH, Siti; HAKIM, Lukman El. PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 26-32, apr. 2021. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/719>. Date accessed: 29 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.35747/tetha.v3i2.719.
Section
Articles