PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING DI SMP/MTS

  • Cyndana Kartika Putri Universitas Lambung Mangkurat
  • Karim Karim Universitas Lambung Mangkurat
  • Kamaliyah Kamaliyah Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Matematika diberikan sejak jenjang sekolah dasar diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis, kritis, dan kreatif serta memliki jiwa bersosialisasi yang tinggi pada peserta didik. Meskipun demikian, dalam pembelajaran geometri khususnya bangun ruang sisi lengkung, masih banyak peserta didik yang menemui kendala ketika dihadapkan dengan persoalan yang lebih rumit. Kendala-kendala yang ditemui diduga karena kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik belum dikembangkan secara maksimal. Terlebih saat pandemi COVID-19 sekarang, ruang antara peserta didik dengan guru untuk berkomunikasi menjadi terbatas. Sebab itu, diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai, contohnya modul berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan modul pembelajaran bangun ruang sisi lengkung berbasis HOTS untuk menunjang pembelajaran daring di SMP/MTs. Model 4-D dijadikan sebagai acuan tahapan dalam mengembangkan modul. Namun, pada pengembangan modul ini, tahap pengembangan dibatasi hingga tahap develop, tepatnya uji validitas. Uji validitas dilakukan untuk memperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validitas menunjukkan rata-rata persentase seluruh aspek pada modul sebesar 84,16% (cukup valid), artinya modul dapat dipergunakan dengan sedikit perbaikan. Ini menunjukkan bahwa modul berbasis HOTS yang dikembangkan valid dan diharapkan dapat membantu peserta didik mempelajari bangun ruang sisi lengkung secara mandiri serta mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tingginya.

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Anggriani, L. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan Menggunakan 3D Pageflip Professional. Skripsi Sarjana. UIN Raden Intan Lampung. Dipublikasikan.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.
Emmanuela, F. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis HOTS pada Topik Segiempat. Skripsi Sarjana. Universitas Sanata Dharma. Dipublikasikan.
Ernica, S. Y., Hardeli. (2019). Validitas dan Praktilitas E-Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development. 1: 812-820.
Nugroho, R. A. (2018). HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nuraida, I. (2017). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA). 1: 25-30.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. JURNAL KREANO. 3: 59-72.
Rofiah, Emi, Aminah, N. S., & Sunarno, W., (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. 7: 285-296.
Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2017). Assesment Pembelajaran Matematika. Malang: Yayasan Edelweis.
Trianto, T. T. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Zakiamani, A., Zulkarnain, Maimunah. (2020). Validitas dan Praktilitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning). 3: 211-223.
Published
2021-04-28
How to Cite
PUTRI, Cyndana Kartika; KARIM, Karim; KAMALIYAH, Kamaliyah. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING DI SMP/MTS. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 11-18, apr. 2021. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/730>. Date accessed: 29 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.35747/tetha.v3i1.730.
Section
Articles