SISTEM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 ALOR, NUSA TENGGARA TIMUR PADA MATERI BENTUK DAN OPERASI PECAHAN ALJABAR

  • Rinda Azmi Saputri UIN Antasari Banjarmasin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Alor, Nusa Tenggara Timur pada materi bentuk dan operasi pecahan aljabar dan mendapatkan informasi terkait kendala-kendala terhadap pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 ini. Subjek penelitian ini adalah salah satu guru matematika di MTsN 1 Alor. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, Adapun jenis penelitian ini yaitu studi kasus-deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu sistem pembelajaran matematika di MTsN 1 Alor selama masa pandemi Covid-19 ini terbagi menjadi dua, sistem pembelajaran matematika daring dan juga luring. Sistem pembelajaran luring ada yang dilakukan di rumah siswa dengan kunjungan guru dan juga ada yang di sekolah.  Adapun untuk sistem pembelajaran matematika daring menggunakan whatsapp group di mana guru  membagikan materi dan siswa mengumpulkan tugas via whastapp  group. Adapun kendala sistem pembelajaran luring yaitu siswa masih sulit memahami materi khususnya pada materi bentuk dan operasi pecahan aljabar ini karena keterbatasan media yang digunakan oleh guru B. Sistem pembelajaran daring juga mempunyai kendala yaitu faktor ekonomi, dimana masih ada siswa yang tidak punya handphone, sedangkan pembelajaran matematika daring harus menggunakan handphone yang mendukung internet, dan untuk siswa yang tinggal di daerah pelosok juga terkendala jaringan internet yang tidak mendukung.

References

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Baru Pendidikan Matemayika dalam Pembelajaan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.
Annurwanda, P., & Friantini, N., N. (2019). ). Efektivitas Penerapan Metode Round Table Dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal. RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 1–13.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media pembelajaran Berbasis Komputer untuk Siswa SMP. ALPHAMATH: Journal of Mathematics Education, 2(2).
Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech, 16(2), 205–221.
Hasan, B. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Matakuliah Menggunakan Media Video Screencast O-Matic. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(1), 9–15.
Karso, H. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Universitas Terbuka.
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dampak dari Covid-19. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 215-220.
Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Sosial. (2021). Situasi Covid-19 Di Indonesia. https://covid19.go.id/p/berita/data-vaksinasi-covid-19-update-19-april-2021
Marbun, P. (2020). Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19. CSRID Journal, 12(2), 129–142.
Nuraini, I. (2005). Media Pembelajaran sebagai Pembawa Pesan. Mediator. Mediator, 6(2), 277–290.
Nuryadi. (2018). Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams game Tournament Ditinjau dari Cognitive Load Theory. ALPHAMATH: Journal of Mathematics Education, 4(1).
Pemerintah Kabupaten Alor, B. P. P. D. (2005). Pokok-pokok Kebijakan dan Strategi Pembangunan Daerah dalam rangka percepatan dan pemantapan pelaksanaan pembangunan daerah tertinggal Kabupaten Alor tahun 2005-2009 Provinsi Nusa Tenggara Timur (Materi Expose Bupati Alor pada Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Departemen/Lembaga terkait lainnya di Jakarta pada tanggal, 31 Mei 2005).
Purnamasari. (2020). Arahan Jokowi untuk Pemda: Liburkan Sekolah hingga Tingkatkan Layanan Pasien Covid-19. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/15/14452291/arahan-jokowi-untuk-pemda-liburkan-sekolah-hingga-tingkatkan-layanan-pasien
Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di MI/ SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa). JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16.
Santoso, B. (2020). Prosach: Sebagai Acuan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Platform Digital Di Masa Pandemik Covid-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 57–63.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2).
Published
2021-04-30
How to Cite
SAPUTRI, Rinda Azmi. SISTEM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 ALOR, NUSA TENGGARA TIMUR PADA MATERI BENTUK DAN OPERASI PECAHAN ALJABAR. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 33-40, apr. 2021. ISSN 2656-7172. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/735>. Date accessed: 29 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.35747/tetha.v3i1.735.
Section
Articles