Pengaruh Senam Kebugaran Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Yang Menderita Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru

  • Adelia Ramadhanti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Nor Afni Oktavia Universitas Muhammadiyah banjarmasin
  • Andika Andika Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Penyakit pada lanjut usia cenderung ke arah penyakit degenerative salah satunya hipertensi. Penanganan hipertensi secara non farmakologi antara lain dengan melakukan senam kebugaran lansia. Untuk Mengetahui pengaruh senam kebugaran lansia terhadap penurunan tekanan darah pada lansia yang menderita hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan desain pra-experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Sampel adalah lansia dengan hipertensi yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 17 orang, yang diambil dengan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Rata-rata tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum dilakukan senam kebugaran lansia adalah 156,17/92,30 mmHg. Rata-rata tekanan darah sistolik dan diastolik sesudah dilakukan senam kebugaran lansia adalah 147,98/86,51 mmHg. Disimpulkan terdapat pengaruh dilakukannya senam kebugaran lansia terhadap tekana darah.

Published
2019-10-29
How to Cite
RAMADHANTI, Adelia; OKTAVIA, Nor Afni; ANDIKA, Andika. Pengaruh Senam Kebugaran Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Yang Menderita Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Banjarbaru. CNJ: Caring Nursing Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 60-67, oct. 2019. ISSN 2580-0078. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/caring-nursing/article/view/385>. Date accessed: 08 july 2020.
Section
Articles