PERAN ORANG TUA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA

  • Muhsinin Muhsinin Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Rafiqa Rahmaniar S1 Keperawatan UM Banjarmasin

Abstract

ABSTRAK


Anak yang termasuk dalam kelompok berkebutuhan khusus makin banyak jenisnya. Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam memelihara, menjaga dan mengawasi perkembangan anaknya baik secara fisik maupun mental. Orang tua adalah tempat anak pertama kalinya berinteraksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua terhadap penyesuaian diri anak tunagrahita di SDLB Negeri Barabai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden (orang tua anak) dengan peran orang tua yang tinggi, sebagian besar penyesuaian diri anak tunagrahita yaitu mampu, hasil dengan uji Korelasi Spearman Rank, dengan α = 0,05 didapatkan nilai sign = 0,007 atau ≤ 0,05 yang artinya semakin tinggi peran orang tua maka semakin baik kemampuan anak tunagrahita dalam penyesuaian diri. Diharapkan kepada orang tua melakukan cara alternatif yang bisa digunakan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak dan tidak menerima begitu saja dengan kondisi anak. Akan tetapi lebih baik jika orang tua menambah pengetahuan tentang kondisi anak melalui diskusi dengan guru di sekolah atau orang tua lain yang mempunyai anak tunagrahita.


 ABSTRACT


More and more types of children are included in the group of children with special needs. The family has a very important role in the child's physical and mental development because it is with parents that the child first interacts. The purpose of this study was to determine the role of parents in the adaptation of mentally retarded children in SDLB Negeri Barabai. This study was a quantitative study with a cross-sectional approach. The results of this study are the majority of respondents (parents of children) with a high role of parents, most of the adaptation of mentally retarded children are able, results with the Spearman Rank Correlation test, with α = 0.05, the sign value = 0.007 or ≤ 0.05, which means the higher the role of parents, the better the ability of mentally retarded children to adjust. It is expected that parents do alternative ways that can be used to develop the potential of the child and not just accept the child's condition. However, it is better if parents add knowledge about the condition of the child through discussions with teachers at school or other parents who have intellectual disabilities.


 

Published
2021-04-29
How to Cite
MUHSININ, Muhsinin; RAHMANIAR, Rafiqa. PERAN ORANG TUA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA. CNJ: Caring Nursing Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 19-23, apr. 2021. ISSN 2580-0078. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/caring-nursing/article/view/700>. Date accessed: 23 june 2021.
Section
Articles