PELAKSANAAN AKREDITASI MELALUI AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PETUGAS KESEHATAN MELAKUKAN KEBERSIHAN TANGAN SEBELUM MEMBERIKAN TINDAKAN DI PUSKESMAS

Akreditasi: Kepatuhan: Kebersihan Tangan

  • Yustan Azidin Tn
  • Nurpika Nurpika FKIK Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Alfian Mauricefle UM Banjarmasin
  • Rida Millati FKIK Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Kepatuhan untuk melaksanakan hand hygiene dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor individu, faktor organisasi, dan faktor lingkungan. Ketiga faktor tersebut mempunyai ketergantungan dalam mempengaruhi kepatuhan petugas melaksanakan hand hygiene.


Mengetahui adanya hubungan pelaksanaan akreditasi dengan kepatuhan petugas kesehatan melakukan kebersihan tangan sebelum memberikan tindakan di Puskesmas Kurun Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah.


Jenis rancangan penilitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 31 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner dan lembar observasi.


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan akreditasi dengan kepatuhan petugas kesehatan melakukan kebersihan tangan sebelum memberikan tindakan di Puskesmas Kurun Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah dengan nilai p = 0,000 dan nilai korelasi yang didapatkan adalah 0.755 dengan korelasi tinggi.

Published
2021-10-27
How to Cite
AZIDIN, Yustan et al. PELAKSANAAN AKREDITASI MELALUI AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PETUGAS KESEHATAN MELAKUKAN KEBERSIHAN TANGAN SEBELUM MEMBERIKAN TINDAKAN DI PUSKESMAS. CNJ: Caring Nursing Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 69-79, oct. 2021. ISSN 2580-0078. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/caring-nursing/article/view/779>. Date accessed: 29 nov. 2021.
Section
Articles