EVALUASI KINERJA ARUS LALU LINTAS PADA JALAN M. ALWI KABUPATEN KOTABARU, KALIMATAN SELATAN

  • Rahman Arifin Politeknik Kotabaru
  • satriani satriani Politeknik Kotabaru

Abstract

Kabupaten Kotabaru merupakan salah satu kabupaten yang sedang berkembang di Kalimantan Selatan, hal ini ditandai salah satunya dengan meningkatnya arus lalu lintas Jalan M. Alwi yang menghubungkan jalan Veteran dan jalan H. Hasan Basri dan  kedaerah-daerah lainnya. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi tentang kemampuan jalan tersebut. Tujuan penelitian ini dimaksudkan adalah untuk melakukan evaluasi terhadap volume arus lalu-lintas, kapasitas, hambatan samping dan tingkat kinerja jalan pada Jalan M.Alwi di Kabupaten Kotabaru.Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana besar arus lalu lintas yang melewati jalan M.Alwi, dilakukan dengan pengambilan data primer  secara langsung dilapangan  pada saat jam-jam sibuk meliputi data arus lalu lintas, data geometrik jalan dan data hambatan samping, data sekunder dan dasar analisis berdasarkan rumusan yang ada pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)  tahun 1997. Hasil penelitian di peroleh tingkat pelayanan jalan saat ini, Karakteristik Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) termasuk tingkat pelayanan C, kategori arus Bebas dan kecepatan perjalanan rata-rata  ≥ 30 km/jam, V/C Rasio ≤ 0,8. dapat dikategorikan arus stabil untuk merancang jalan perkotaan, umumnya pengemudi tidak bebas lagi memilih lajur atau menyalip. Sedangkan Tingkat pelayanan jalan dalam kurun waktu 10 tahun yang akan datang, diperkirakan Karakteristik Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) termasuk tingkat pelayanan D dan termasuk kategori arus mendekati tidak stabil dan kecepatan perjalanan rata-rata  ≥ 25 km/jam. V/C Rasio <= 0,9 Jadi untuk dalam jangka waktu 10 tahun yang akan datang dapat dikategorikan arus mendekati tidak stabil.

References

Alamsyah, Alik Ansyari, 2005. Rekayasa Lalu Lintas, Penerbit Universitas Muhammadiyah, Malang.
Direktorat Pengembangan Jalan Kota, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) phase IV 1997, Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum RI.
Direktorat Jendral Bina Marga, September 1997, Tata Cara Perencanaan Geometri Jalan Antar Kota, Departemen Pekerjaan RI.
Gandi, Rajib, 2014, Evaluasi Kinerja Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Singabana Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Laporan Tugas Akhir, Politeknik Kotabaru Jurusan Teknik Sipil.
Khisty, Jotin C dan Lall, Kent B. 2005, Dasar – dasar Rekayasa Transportasi Edisi ke-3. Jakarta, Erlangga.
Miro, Fidel, 2011, Pengantar Sistem Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum.
Saifullah, Baidi, 2014, Evaluasi Kinerja Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Brigjend. H.Hasan Basri Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Laporan Tugas Akhir, Politeknik Kotabaru Jurusan Teknik Sipil.
Warpani, P Swardjoko, 2002, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Bandung. ITB.
Published
2019-06-28
How to Cite
ARIFIN, Rahman; SATRIANI, satriani. EVALUASI KINERJA ARUS LALU LINTAS PADA JALAN M. ALWI KABUPATEN KOTABARU, KALIMATAN SELATAN. Density (Development Engineering of University) Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 36-41, june 2019. ISSN 2655-4453. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/density/article/view/429>. Date accessed: 03 july 2020.
Section
Articles