HUBUNGAN MUTU PELAYANAN BPJS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM

The Correlation of the service quality of BPJS

  • TRIANA INDRAYANI universitas nasional
  • Rohmawati Rohmawati Universitas Nasional

Abstract

Data terakhir BPJS pada 15 Agustus 2015 jumlah peserta BPJS telah mencapai 150.360.667 jiwa. Saat ini sistem BPJS sudah berubah menjadi on line yang sistemnya banyak menyulitkan pasien-pasien yang terbiasa berobat. Hasil survei wawancara terbuka sebanyak 10 pasien dan keluarga, sebanyak 64% yang mengeluhkan antri yang panjang dan sebanyak 25 % terkadang bertemu dengan petugas yang bersikap kurang baik. Dalam hal apapun semua pelayanan diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sehingga dapat menumbuhkan kepuasan pasien (BPJS-kesehatan.go.id).Mengetahui hubungan mutu pelayanan BPJS terhadap tingkat kepuasan pasien IGD lantai 3 RSCM tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 92 responden yang merupakan pasien penggunan BPJS di IGD lantai 3Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Analisis data menggunakan uji Chi- Square.Terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien penggunan BPJS terhadap dimensi Tangibles (p= 0,001), Reliability (p= 0,003) , Responsivenees (p= 0,003), Asurance (p= 0,003), Emphati (p= 0,001).Ada hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien. Diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi tangibles, reliabilty, responsivenees, asurance dan emphaty yang dirasa kurang baik dan mempertahankan kualitas yang sudah baik agar kepuasan pasien khususnya untuk pengguns BPJS dapat tercapai secara maksimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Amma, F. (2014). Patient Satisfaction with Primary Health Care – A Comparison between the Insured and Non-Insured under the National Health Insurance Policy in Ghana. Global Journal of Health Science: Candian Center of Science and Education.

Bustami. (2011). Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitsanya. Jakarta : Erlangga.

BPJS Kesehatan, (2018). BPJS Kesehatan. http/ BPJS-Kesehatan.go.id. diakses 26 Desember 2018.

Dahlan, S. (2008). Statistika Untuk Kedokteran Kesehatan. Jakarta : Arkans

Daryanto. dan Ismanto Setyabudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava Medika.

Departemen Kesehatan Republik Indonesi. (2015). Rencana Strategi Kementrian Kesehatan. Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Published
2020-02-20
How to Cite
INDRAYANI, TRIANA; ROHMAWATI, Rohmawati. HUBUNGAN MUTU PELAYANAN BPJS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM. Healthy-Mu Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 52-55, feb. 2020. ISSN 2597-3851. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/healthy/article/view/461>. Date accessed: 06 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.35747/hmj.v3i2.461.
Section
Articles