Pengaruh Pemberian Masase Punggung Menggunakan Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Post Operasi Laparatomi

  • Dewi Nurhanifah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Sri Ramadina Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Yeni Mulyani Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

Laparatomi merupakan jenis operasi bedah mayor yang dilakukan di daerah abdomen dengan melakukan penyayatan pada lapisan-lapisan dinding abdomen untuk mendapatkan bagian organ abdomen yang mengalami masalah (perdarahan, perforasi, kanker, dan obstruksi).Sayatan berkas operasi menimbulkan rasa nyeri yang berefek pada fisik dan psikologis pasien. Penatalaksaan nyeri selain terapi farmakologi dapat juga dilakukan dengan terapi Non Farmakologi  salah satunya dengan Teknik Massage menggunakan Aromaterapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian masase punggung menggunakan aromaterapi lavender terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien post operasi laparatomi. Jenis penelitian ini pra ekspremental dengan bentuk penelitian one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini pasien post operasi laparatomi. Teknik sampling penelitian ini menggunakan porpusive sampling dengan uji wilcoxon. Hasil didapatkan signifikan p-value=0,001 yang berarti p-value < α=0,05, sehingga menunjukkan ada perbedaan intensitas nyeri sebelum dan sesudah dilakukan masase punggung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian masase punggung berpengaruh terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien post operasi laparatomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarmoyo, Sulistyo. (2013). Konsep dan Proses Keperawatn Nyeri. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.


Aqmarina, Siti. (2017). Analisis Penurunan Skala Nyeri Terhadap Klien Apendisitis dengan Inovasi Intervensi Aromaterapi dan Pijat Kaki di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Tahun 2017. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda.


Kementrian Keseharan RI. (2013). Buletin Jendela Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan, Semestar 1. ISSN 2088 – 270X. Jakarta Pusat.


Nurdiansyah, Tubagus Erwin. (2015). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Respon Nyeri Pada Pasien dengan Post Operasi di RSUD A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan. 6 (1) 12 – 22.

Nurgiwiati, Endeh. (2015). Terapi Alternatif dan Komplementer Dalam Bidang Keperawatan. Bogor : In Media.


Smeltzer & Bare. (2013). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth Edisi 8. Jakarta : EGC

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Gava Media.

Solehati, Tetti & Kosasih, Cecep Eli. (2015). Konsep dan Aplikasi Relaksasi dalam Keperawatan Maternitas. Bandung : Refika Aditama.

Swarjana, I Ketut. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan (edisi revisi) : Tuntutan Praktis Pembuatan Proposal Penelitian untuk Mahasiswa Keperawatan, Kebidanan dan Profesi Bidang Kesehatan Lainnya. Yogyakarta : ANDI.


Tamher, Sayuti & Heryati. (2011). Patologi Untuk Mahasiswa Keperawatan. Jakarta : Trans Info Media.


Trisnowiyanto, Bambang. (2012). Keterampilan Dasar Massage : Panduan Keterampilan Dasar Pijat Bagi Fisioterapi, Praktisi, dan Instruktur. Yogyakarta : Nuha Medika.

Wirya, Irwan & Sari, Margareth Duma. (2013). Pengaruh Pemberian Masase Punggung dan Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Post Appendiktomi di Zaal C Rs Hkbp Balige Tahun 2011. Jurnal Keperawatan HKBP Balige. 1 (1). 91-97.

Wulan, Sri & Situros, Riris. (2018). Pengaruh Massage Punggung Terhadap Penurunan Nyeri pada Ibu Post Sectio Caesarea. Jurnal Penelitian Kebidanan dan Kespro. 1 (1). 27-30.
Published
2020-02-24
How to Cite
NURHANIFAH, Dewi; RAMADINA, Sri; MULYANI, Yeni. Pengaruh Pemberian Masase Punggung Menggunakan Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Post Operasi Laparatomi. Healthy-Mu Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 61-66, feb. 2020. ISSN 2597-3851. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/healthy/article/view/488>. Date accessed: 06 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.35747/hmj.v3i2.488.
Section
Articles