ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BERITA KABAR DAERAH KOTA PALANGKA RAYA EDISI DESEMBER 2023 DALAM MEDIA MASSA DARING (KALTENG.ANTARANEWS.COM)

  • Dominicus Edo Minggus Damar Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Nurun Ni’mah Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Tina Purnamasari

Abstract

Pengamatan awal menunjukan terdapat kesalahan klerikal pada berita kalteng.antaranews.com antara lain kesalahan ejaan seperti huruf miring, tanda baca, huruf kapital, dan akar kata. Dengan demikian tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai kesalahan – kesalahan dalam ejaan pada berita kabar daerah kota Palangka Raya edisi Desember dalam media massa daring kalteng.antaranews.com sehingga penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah berita – berita kabar daerah kota Palangka Raya edisi Desember 2023. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat beberapa kesalahan – kesalahan ejaan yang ditemukan yaitu (1) kesalahan penulisan huruf kapital, (2) kesalahan pemilihan dan penulisan kata, dan (3) kesalahan penulisan tanda baca.

References

Anti, F. I. F., Salim, A., & Arsyad, J. (2020). Penggunaan Bahasa Jurnalistik dalam Penulisan Berita Metrojambi. Com. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 4(2), 165-188.

Anwar, K., Bahri, S., & Winata, N. T. (2023). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Berita Politik Edisi April 2023 Dalam Media Massa Daring (DETIK. COM). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 672-687.

Diah, S., & Zaenudin, A. (2023). Buku Ontologi dan Buku Linguistik.

Kurniawan, E. H., Nurmahanani, I., & Iskandar, S. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Narasi Siswa Kelas II SDN 8 Nagrikaler. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 618-628).

Noormiyanto, F. (2022). Dampak Penggunaan Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Siswa Disabilitas Rungu. In Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Tahunan bertema “Pemenuhan Hak Pendidikan yang Bermutu bagi Individu Berkebutuhan Khusus melalui Merdeka Belajar".

Nurhayati, E. (2020). Metodologi Riset: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D.

Oktavia, B. L., Cahyono, B. E. H., & Winarsih, E. (2022, July). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Spanduk Di Sunday Market Taman Lalu Lintas Bantaran Kota Madiun. In SHAMBHASANA: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Vol. 1, No. 1, pp. 106-122).

Rusanti, R., Fathurohman, I., & Pratiwi, I. A. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2).

Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 44-51.

Susiati, S. (2020). Semantik: Teori Semantik, Relasi Makna, Marked, dan Unmarked.

Winata, N. T. (2019). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 115 Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Media Massa Daring (DETIKCOM) (Vol. 4, Issue 2). Daftar isi dituliskapn dengan menggunakan format APA dengan baris kedua menjorok ke dalam sebesar 1cm
Published
2024-01-16
How to Cite
MINGGUS DAMAR, Dominicus Edo; NI’MAH, Nurun; PURNAMASARI, Tina. ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BERITA KABAR DAERAH KOTA PALANGKA RAYA EDISI DESEMBER 2023 DALAM MEDIA MASSA DARING (KALTENG.ANTARANEWS.COM). Idealektik, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 154-159, jan. 2024. ISSN 2655-8491. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/1109>. Date accessed: 22 july 2024.