Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Turnament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kajian Literatur
Abstract
Berbagai permasalahan yang terjadi saat proses pembelajaran seperti hasil belajar, motivasi belajar, serta prestasi belajar siswa menjadi tantangan bagi seorang guru untuk mengatasi permasalahan tersebut. Seorang guru harus terampil dalam mengatasi permasalahan di kelas dengan penggunaan strategi, pendekatan, dan model pembelajaran yang tepat. Penelitian kajian literatur (literatur review) bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Turnament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur (literature review), yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai sumber kepustakaan yang relevan dengan tujuan penelitian, lalu pustaka yang sudah didapat kemudian dirangkum dan dianalisis sehingga menghasilkan hasil rangkuman yang mendalam dan konkrit. Penelitian ini menggunakan 15 literatur yang relevan dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata kunci: Model Pembelajaran Team Games Turnamen, hasil belajar, Bahasa Indonesia
References
Amri, Khoirul., Arinjani, M. S., Sutriyani, W. (2021). Analisis Penerapan Model TGT (Teams, Games and Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS), 1(1). https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjas/article/view/708
Azhary, Fitriyani., dkk. (2023). Pengaruh Model Kooperatif Team Games Turnament(TGT) Terhadap Hasil Pembelajaran Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi 2 Kota Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/8849
Batrisyia, N, R, A, A & Rizal, S, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Teks Hikayat pada Siswa Kelas X SMA. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 11(1). https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/21542
Citriadin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. https://repository.uinmataram.ac.id/1736/1/II.C.2%20BUKU%20PENGANTAR%20PENDIDIKAN.pdf
Hamidah, I, R & Liansari, V. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12698
Hastuti, Sri. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 7(1). https://www.i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1324
Hidayati, Nur., Istianah, F., Isa, A, I, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Bentang Alam Peserta Didik Kelas IV SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(2). https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/332
Indriana, Reni., Reffiane, F., Jannah, M, F. (2024). Efektivitas Model Teams Games Tournament dengan Permainan Tebak Gambar Terhadap Hasil Belajar. JTE: Journal of Thought and Education, 1(1), 18-37. https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPE/article/view/1763
Kusumawati, Dewi, E., Nur’Afifah, U, U, Dimas, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I di SD Negeri Tempuran 1. Global Education Journal, 1(3). http://journal.civiliza.org/index.php/gej/article/view/228
Ma’rufah, A, S & Nuroh, Z, E. (2023). Pengaruh Model Team Games-Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Nurcahyani, Fina. (2024). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Model Kooperatif Teams Games Tournament pada Siswa Kelas XI SMK ST Bonaventura I Madiun. (Skripsi Sarjana, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya). http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/38869/
Prihatmojo. A., Rohmani. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Who Am I. Universitas Muhammadiyah Kotabumi. https://repository.umko.ac.id/id/eprint/84/1/Buku%20agung.pdf
Ramadhan, I, T & Pratiwi, P, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnament (TGT) dengan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, di Tingkat Sekolah Dasar Kelas II Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14318
Ritonga, A, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Turnament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia MIN 3 Pernantian Labuhan Batu Selatan. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/10671/
Setyaningrum, W, T & Asrofah. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Materi Teks Berita Kelas XI. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2). https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2736
Sukiasih, Mage. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dalam Menulis Puisi Pada Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/16230