DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SEKOLAH DASAR (KAJIAN FENOMENOLOGI PENDIDIKAN)

  • Jamiatul Hamidah University of Muhammadiyah Banjarmasin
  • Akhmad Syakir Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dampak penerapan kurikulum 2013 bagi guru di sekolah dasar dan mendeskripsikan faktor penyebab yang menjadi kendala dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pendidikan. Data diperoleh melalui penyebaran angket untuk guru sekolah dasar serta wawancara sebagai pelengkap data. Jumlah responden adalah 30 orang yang diambil secara acak berdasarkan usia dan lamanya pengalaman mengajar. Instrumen yang digunakan berupa angket dan wawancara. Data dianalis melalui beberapa tahapan, yaitu pertama, mengklasifikasi pilihan jawaban angket berdasarkan kategori, kedua mengkatagorikan alasan/uraian berdasarkan rumusan masalah, ketiga menguraikan hasil penelitian, dan tahap terakhir menyimpulkan hasil penelitian.


Berdasarkan pembahasan, disimpulkan bahwa dampak penerapan kurikulum 2013 bagi guru sekolah dasar adalah dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yaitu guru semakin kreatif dan inovatif dalam mengajar, memudahkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran, dan meningkatkan kualitas berpikir dan kualitas mengajar guru. Sementara dampak negatifnya adalah bagi guru yang di sekolahnya terbatas dalam hal sarana dan prasarana, maka kesulitan dalam penerapan kurikulum 2013.


Faktor-faktor penyebab terhambatnya penerapan kurikulum 2013 adalah karena guru tidak atau kurang memahami kurikulum 2013. Hal ini disebabkan karena minimnya sosialisasi dan pelatihan bagi guru, terutama yang berada di daerah/pedesaan. Faktor kedua karena minimnya sarana dan prasarana, sehingga guru merasa terbebani dan tanggungjawabnya semakin berat.

References

Alawiyah, Faridah. 2013. Dampak Imlementasi Kurikulum 2013 terhadap Guru. Tersedia http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-V-19-I-P3DI-Oktober-2013-56.pdf. Diakses tanggal 21 Januari 2019.

Anwari, M. R., Syakir, A., & Yunus, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas X IIS 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2).

Barnawi dan Jajat Darojat. 2018. Penelitian Fenomenologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rahayu, Yuna Mumpuni. (2016). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 terhadap Perkembangan Peserta Didik. www.jurnal.unswagati.ac.id e-ISSN: 2442-5176 (online). Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, JURNAL LOGIKA, Vol XVIII, No 3, Desember 2016 ISSN : 1978-2560 (print). Diakses tanggal 18 Januari 2019.

Morelent, Yetty dan Syofiani. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukit Tinggi. JURNAL GRAMATIKA, Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1.i2 (141-152) 141. Diakses tanggal 17 Januari 2019.

Purnamawati. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dan Implementasinya bagi Guru. Tersedia: https://bdkpadang.kemenag.go.id/index.php.158. Diakses tanggal 5 April 2019.
Published
2019-07-05
How to Cite
HAMIDAH, Jamiatul; SYAKIR, Akhmad. DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SEKOLAH DASAR (KAJIAN FENOMENOLOGI PENDIDIKAN). Idealektik, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 75-82, july 2019. ISSN 2655-8491. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/365>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles