S. IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MAHASISWA ASLI PAPUA PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) MUHAMMADIYAH MANOKWARI TAHUN AJARAN 2018/2019

Bahasa Indonesia

  • Sulistya - hadi STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Mata kuliah bahasa inggris adalah salah satu mata kuliah wajib pada setiap prodi yang ada di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari, Papua Barat. Banyak mahasiswa yang belum menguasai kemampuan dasar bahasa Inggris dan mengalami kesulitan belajar pada mata kuliah bahasa Inggris, khususnya mahasiswa asli Papua. Dari empat prodi yang ada, mahasiswa yang tidak lulus mata kuliah bahasa Inggris mencapai lebih dari 50% dan didominasi oleh mahasiswa asli Papua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar mahasiswa asli Papua pada mata kuliah bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengeksplor letak kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebabnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa asli Papua mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris dalam keempat kemampuan dasar Speaking (berbicara), Listening (mendengar/menyimak), Writing (menulis), dan Reading (membaca). Hal ini disebabkan karena faktor kesulitan belajar yang berbeda-beda.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Harmer, Jeremy. (2004). The practice of English Language Teaching. Malaysia: Person Education Limited.

Koentjaraningrat. 1985. Metode Penelitian Masyarakat. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Karya: Bandung.

Sugiyono. 2006. Kualitatif, dan R dan D. Alfabeta: Bandung.
Tarigan, H. G. 2015. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.
Published
2020-01-10
How to Cite
HADI, Sulistya -. S. IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MAHASISWA ASLI PAPUA PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) MUHAMMADIYAH MANOKWARI TAHUN AJARAN 2018/2019. Idealektik, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 8-12, jan. 2020. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/457>. Date accessed: 08 july 2020.
Section
Articles