STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN)

  • Nailiya Nikmah Politeknik Negri Banjarmasin

Abstract

Setelah organisasi kesehatan dunia menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global, beberapa negara mulai menerapkan berbagai kebijakan dan anjuran. Kebijakan-kebijakan dan anjuran-anjuran tersebut dilakukan dalam rangka memutus atau mengurangi penyebaran virus corona. Seiring dengan anjuran tersebut, hal yang disosialisasikan berikutnya adalah gerakan di rumah saja.  Gerakan di rumah saja kemudian sejalan dengan istilah bekerja dari rumah serta belajar dari rumah. Beberapa instansi dan lembaga pendidikan melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi; mengatur ulang banyak hal termasuk kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Beberapa surat edaran resmi yang dikeluarkan oleh institusi menyebutkan kebijakan pembelajaran selama masa pandemi adalah pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin.


Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus yang didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran daring merupakan strategi yang paling sesuai dengan situasi pandemi yang bisa diterapkan di Jurusan Akuntansi Poilban dengan berbagai kelebihan maupun kekurangannya. Diperlukan kesungguhan dan kreativitas dosen dalam menerapkan strategi PBM daring, sepaket dengan media serta metode pembelajaran serta penyesuaian-penyesuaian terhadap perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi terhadap PBM daring yang diterapkan. Monitoring dan kebijakan-dari pihak manajemen juga sangat diperlukan untuk mendukung PBM daring yang diupayakan oleh dosen.

References

Aini, Siti Nurul dan Putu Sudira. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya belajar, Sarana Praktik dan Media terhadap Hasil Belajar Patiseri SMK Se-Gerbangkertasusila. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5 Nomor 1, Februari, 88 - 102.

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran dengan Metode Pendekatan pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan di Era Globalisasi. ScienceEdu, Volume II Nomor 1, Juni, 72-79.

Arifin, Z. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Jurnal Theorems, Vol 2 Nomor 2, Januari, 42 - 49.
Fatimah dan Ratna Dewi Kartika Sari. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena LIterasi, Volume 1 Nomor 2, Oktober, 108 - 113.

Jihad, Asep & Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multipresindo.

Muhaimin dkk. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media.
Published
2020-08-06
How to Cite
NIKMAH, Nailiya. STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN). Idealektik, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 45-51, aug. 2020. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/550>. Date accessed: 19 sep. 2020.
Section
Articles