UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA PADA PEMBELAJARAN EXPLANATION TEXT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ‘PICTURE AND PICTURE’ BAGI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 3 BANJARBARU TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Any Runiaty SMKN 3 Banjarbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris dalam menulis Explanation text. Karenanya, penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada pembelajaran Explanation Text melalui penerapan Model Pembelajaran ‘Picture and Picture’ bagi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 3 Banjarbaru Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Validitas penelitian diperoleh melalui Triangulasi Metodologi, yaitu pengambilan data dari observasi kelas, angket siswa, dan tes kosakata. Model Pembelajaran Picture and Picture adalah model pembelajaran yang menggunakan gambar berseri untuk memperjelas penjabaran pada explanation text. PTK ini membuktikan terjadinya peningkatan melalui 2 siklus. Melalui penerapan Model Pembelajaran ‘Picture and Picture’, terjadi perbaikan dalam proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan kosakata siswa. Guru meningkat kemampuannya dalam menggunakan media pembelajaran dan pengajarannya di kelas, sedangkan pada siswa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 61.42 menjadi 69.76. Keberhasilan klasikal siswa juga meningkat dari hanya 66.67% siswa mencapai KKM 70 di siklus 1 menjadi 80.95% di siklus 2.

References

Ardiansyah, Weka. 2012. Manusia Pembelajar akan Mengajar dengan Hati. Pengertian Learning Model. Blogger (http://wekasyah88.blogspot.com/2011/12/2-perbedaan-antara-model-pendekatan.html) diakses pada 4 Juli 2019.

Armayati, Nopiya. 2013. Using Picture to Improve Students’ Understanding Ability in Descriptive Text at the Eight Grade of SMO Negeri 4 Marabahan School Year 2012-2013. STKIP. Banjarmasin.

Cameron, Lynne. 2001. Teaching to Young Learner. Cambridge: Cambridge University Pers.

Diamond, Linda and Gutlohn, L. 2013. Teaching Vocabulary. WETA Public Broadcasting. (http://www.readingrockets.org/article/9943) Diakses pada 25 Juli 2019.

Ellis, Arthur K. 1998. Teaching and Learning Elementary Social Studies the sixth edition. America: Allyn and Bacon a Via Com Company.
Gerlach S. Vernon, Donald P. Ely. 1980. Teaching and Media, A Systematic Approach. Prentice-Hall, Inc., N.J.

Joklova, Katerina. 2009. Using Pictures in Teaching Vocabulary. Masryk University, Brno.

Karyawanto, S. 2003. Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Menulis Paragraf Sederhana Bahasa Inggris Siswa Kelas II SLTP/MTs dengan Menggunakan Teknik Permainan Kartu di Kabupaten Sleman. Unpublished.

Kristini. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif melalui Model Pembelajaran ‘Picture and Picture’ pada Siswa Kelas IX Ruang I MTs Negeri Sampit. DisDik Kota Sampit. Sampit.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik.PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

McCarthy, Michael. 1992. Vocabulary.Oxford: Oxford University Press.

McCarten. 2007. Teaching Vocabulary. Lessons from the Corpus. Lessons for the Classroom. Cambridge University Press. New York.

Meka, Lesly Martha Cecylia. 2013. The Effect of Teaching Vocabulary by Using Pictures. In Luardini, Maria Arina. Journal Compound. Improving the Quality of English Education. Graduate Program in English Language Education Palangka Raya University. Palangka Raya.

Setiawati, Ning. 2019. Explanation Text: Pengertian, Tujuan, Ciri dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya. Blogger (https://www.ilmubahasa inggris.com) Diakses tanggal 2 Agustus 2019.

Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Riyan, M. and Zuhri, Fauris. 2013. The Effect of Teaching Vocabulary by Using Picture Series as Media to Teach Writing Procedure Text for Tenth Graders of SMA Negeri Bandar Kedung Mulyo Jombang. UNESA. Jombang. (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/p.2view/7559) Diakses pada 29 Juli 2019.

Siwi, Dewi Rima Ratri. 2013. Metode Pembelajaran Picture and Picture. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Spellery, Maria. 2002. From Lesson to Life: Authentic Material Bridge the Gap. (http://www.chompchomp/term/noun.html) diakses pada 10 Juli 2019.

Tarigan, H. Guion. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thornbury, Scott. 2002. How to Teach Vocabulary. Pearson Education Limited, UK.

Uberman, A. 1998. The Use of English for Vocabulary Presentation and Revision. Language Teaching Forum. Jan-March Edition. Volume 6 no 1. In Manikam, G.H.M.

Widoyoko, Putro, Eko. 2008. Penelitian tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo. http://www.umpwr.ac.id/.../penelitian%20tindakankelas) diakses pada 4 Juli 2019.
Published
2020-08-06
How to Cite
RUNIATY, Any. UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA PADA PEMBELAJARAN EXPLANATION TEXT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ‘PICTURE AND PICTURE’ BAGI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 3 BANJARBARU TAHUN AJARAN 2019/2020. Idealektik, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 52-63, aug. 2020. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/552>. Date accessed: 20 sep. 2020.
Section
Articles