MEMINIMALISASI KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS TADULAKO MELALUI INSTAGRAM

  • Asrianti Asrianti universitas Tadulako

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan instagram sebagai upaya meminimalisasi kesalahan berbahasa. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan desain One-Group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiwa semester IV PBSI Universitas Tadulako pada Tahun Ajaran 2019/2020. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (penggunaan media media sosial) dan variabel terikat (kesalahan berbahasa). Sample penelitian adalah mahasiswa kelas A semester IV di PBSI Universitas Tadulako. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2019-2020. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda dan angket minat belajar. Data penelitian ini diambil dari data hasil tes dan non tes, dengan membandingkan rata-rata sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media instagram dapat meminimalisasi kesalahan berbahasa mahasiswa PBSI Universitas Tadulako.

References

Alaslani, K., & Alandejani, M. (2020). Identifying factors that influence students performance through social networking sites: An exploratory case study. Heliyon, 6(4), e03686. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03686.

Helaluddin & Wijaya, H., 2019. Pengembangan Kompetensi Pendidik di Perguruan Tinggi dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Makassar, Universitas Negeri Makassar.
Lyons, S., 2004. An Exploration of Generational Values in Life and at Work. Dissertation penyunt. Ottawa, Ontario, Canada: Carleton University.
Mansyur, U. (2018). Bahasa Indonesia dalam Belitan Media Sosial: Dari Cabe-Cabean Hingga Tafsir Al-Maidah 51 [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/7vpjh

Muchlis, Masnur. 2010. Bahasa Indoenesia pada Era Globalisasi Kedudukan, Fungsi dan Peran Pembinaan dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1). https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759.

Munadhi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). MODEL LITERASI MEDIA SOSIAL BAGI MAHASISWA. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1076. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.280.

Susenas, 2018. Indonesia - Survei Sosial Ekonomi Nasional 2017 Maret (KOR), Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) .
Triastuti, Endah, dkk. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja.Jakarta: Puskakom.
Published
2020-08-06
How to Cite
ASRIANTI, Asrianti. MEMINIMALISASI KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS TADULAKO MELALUI INSTAGRAM. Idealektik, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 64-68, aug. 2020. Available at: <https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/553>. Date accessed: 20 sep. 2020.
Section
Articles